Senin, 23 September 2019 10:55

Hadiri Tasyakuran HPN PWI Tuban, Ini Pesan Wabup untuk Pers

Rabu, 20 Februari 2019 18:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Hadiri Tasyakuran HPN PWI Tuban, Ini Pesan Wabup untuk Pers
Wabup Noor Nahar Hussein menerima potongan tumpeng dari Ketua PWI Tuban Pipit Wibawanto.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein berpesan agar pers, terutama anggota PWI Tuban bisa menginspirasi untuk masyarakat. Hal itu disampaikan mantan Ketua PCNU Tuban ini saat hadir di acara tasyakuran Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang diselenggarakan oleh PWI Tuban di sekretariat jalan Basuki Rahmat nomor 68, Rabu (20/2).

Menurutnya, sejak dulu pers telah berkontribusi pada negara Indonesia. Yakni, sejak era kemerdekaan yang mana pers juga ikut berjuang untuk turut memperoleh kemerdekaan. Usai era kemerdekaan pers, tepatnya pada pada reformasi 1998, insan pers terus berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan dengan cara dan analisis kritisnya.

Untuk itu, ia mengapresiasi program-program yang selama ini telah dijalankan oleh PWI. "Kami harap peran pers harus dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidupnya," ungkapnya.

"Pers di Tuban juga dapat terus bersinergi dengan Pemkab, instansi lain, maupun perusahaan dalam rangka mewujudkan keadilan bagi masyarakat," tutur orang nomor di bumi wali Tuban ini.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan agar pers turut membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait perkembangan jaman. Sehingga, masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

"Kebebasan pers yang dijamin UU Pers, dapatnya dimanfaatkan dengan benar dan bertanggung jawab. Bila ada sesuatu yang tidak benar, maka pers dapat melakukan kritik serta sebagai masukan dan pertimbangan kepada Pemkab maupun institusi lain guna memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat," paparnya.

"Memasuki Revolusi 4.0, tantangan pers ke depan juga semakin berat. Karenanya, pers dituntut untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi guna meningkatkan kemampuan dirinya," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tuban Pipit Wibawanto, mengamini apa yang disampaikan wabup. "Kami akan terus mengawal tegaknya demokrasi karena pers menjadi pilar keempat demokrasi," ujarnya.

Ia juga menukil pernyataan wartawan senior, Jacob Utama. "Seorang pers harus kritis dan mampu menyentuh kalangan elit, tapi tidak bersikap elitis. Selain itu, pers juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan tapi tidak terbawa arus," katanya.

Pipit menyatakan, pers memang harus bersinergi dengan pemerintah demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Ia berharap, ke depannya pers terus berkembang sehingga aspirasi masyarakat dapat terakomodir dengan lebih baik lagi.

"Semoga keberadaan PWI di Tuban bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," paparnya. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...