KPU Pamekasan Rekrut 55 Relawan Demokrasi Pemilu, Ini Persyaratannya

KPU Pamekasan Rekrut 55 Relawan Demokrasi Pemilu, Ini Persyaratannya Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan membuka rekrutmen relawan demokrasi pemilu, yang tugasnya membantu KPU dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat, Selasa (15/01/19).

Ketua Moh Hamzah mengungkapkan, rekrutmen ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak suaranya pada pemilu 2019 mendatang.

"Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya di mana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioneer) demokrasi bagi komunitasnya. Dan relawan tersebut menjadi mitra bagi KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi," katanya.

Menurutnya, KPU RI telah menetapkan pemilih di Indonesia ada 11 basis pemilih. Yakni, basis pemilih komunitas, pemula, pemilih muda, pemilih agama, perempuan, berkebutuhan khusus, marginal, kaum netizen, keluarga, disabilitas, dan relawan demokrasi.

"Adapun personil relawan demokrasi yang dibutuhkan berjumlah 55 orang yang terbagi dalam 11 basis pemilih dengan masa kerja 3 bulan serta disediakan honor dan piagam penghargaan dari KPU," ungkapnya.

KPU Kabupaten Pamekasan membuka rekrutmen mulai Selasa kemarin (14/1) hingga Jumat (18/1) mendatang. Persyaratannya, yakni melampirkan foto copy KTP, ijazah minimal SLTA, tidak menjadi anggota parpol sekurang-kurangnya 5 tahun terakhir, surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS dan bukan penyelenggara pemilu 2019, surat pernyataan bersedia menjadi relawan, dan tidak pernah dipidana serta menyertakan daftar riwayat hidup.

"Untuk lebih jelasnya bagi peminat bisa mengakses langsung di website resmi http://kpud-pamekasankab.go.id, atau bisa langsung datang ke ," jelasnya.

"Sementara untuk para calon yang sudah mendaftar, mengisi formulir, dan melengkapi berkas administrasi, bisa langsung mengikuti tahapan wawancara," pungkasnya. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO