Lumba-lumba Hidung Botol Mati Terdampar di Pantai Serang Blitar

Lumba-lumba Hidung Botol Mati Terdampar di Pantai Serang Blitar Hasil identifikasi diketahui lumba-lumba tersebut berjenis kelamin jantan, dengan panjang 1,2 meter dengan bobot sekitar 40 kg.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Warga di sekitar Pantai Serang, Desa Serang, Kecamatan Pangungrejo, Kabupaten digemparkan dengan adanya seekor lumba-lumba hidung botol terdampar di pinggir pantai.

Hewan dengan nama latin Tursiops truncatus itu terdampar di lokasi wisata pada Selasa (08/01/2019) kemarin dan pertama kali ditemukan oleh warga setempat.

Kepala Desa Serang, Dwi Handoko Pawiro saat dikonfirmasi membenarkan hal ini. Menurut dia, setelah ditemukan, nelayan sempat merilis kembali lumba-lumba karena saat itu kondisinya masih hidup.

Namun setelah beberapa kali dicoba untuk rilis, mamalia laut ini selalu kembali ke pantai. "Benar ada seekor kemarin dalam kondisi masih hidup. Kemudian oleh warga dilepas kembali ke laut. Tapi dua jam kemudian balik lagi (ke bibir Pantai)," kata Handoko, Rabu (09/01/2019).

Karena selalu kembali ke pantai saat hendak dirilis,  pihak desa kemudian melapor ke sejumlah instansi terkait, agar lumba-lumba tersebut segera ditangani dengan benar. Sebab, warga setempat masih minim pengetahuan terkait penanganan mamalia laut yang terdampar.

"Kami koordinasi dengan BPSPL (Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Laut) Denpasar, Dinas Kelautan Provinsi (Jatim) Pos Kamladu Tambak Rejo. Semua kami laporkan untuk penanganannya," papar Handoko.

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO