Jumat, 15 November 2019 16:43

Wali Kota Kediri Resmi Buka Jembatan Brawijaya untuk Uji Coba

Senin, 24 Desember 2018 20:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Wali Kota Kediri Resmi Buka Jembatan Brawijaya untuk Uji Coba
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar secara resmi membuka jembatan Brawijaya untuk dilakukan uji coba.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jembatan Brawijaya akhirnya dibuka untuk umum dengan dilakukan uji coba, Senin (24/12). Rekayasa lalu lintas dilakukan agar jembatan yang menghubungkan bagian Timur dan Barat Kota Kediri tersebut optimal digunakan. Tepat pukul 13.00 WIB, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka jembatan untuk uji coba rekayasa lalu lintas.

Dari pantauan di lokasi, para petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kediri dan Satlantas Polresta Kediri sudah standby di sejumlah titik jalan menuju Jembatan Brawijaya. Beberapa pengendara yang melintas di kawasan tersebut langsung diarahkan di sejumlah jalan yang sudah direkayasa. Beberapa pengguna motor maupun mobil juga terlihat masih bingung dan penasaran melewati jembatan yang telah ditunggu-tunggu masyarakat ini.

Usai memantau jalannya uji coba rekayasa lalu lintas, Abdullah Abu Bakar mengungkapkan uji coba rekayasa lalu lintas Jembatan Brawijaya dilakukan karena Pemkot Kediri memprediksi pada Natal dan baru banyak yang berkunjung ke Kota Kediri. 

"Pembangunan dan bersih-bersih sudah selesai dilakukan. Dua hari lalu kita putuskan untuk membuka uji coba rekayasa lalu lintas di Jembatan Brawijaya. Harapannya jembatan ini bisa membantu mengurai kemacetan di Kota Kediri," ujar pria yang lekat disapa Mas Abu ini.

Orang nomor satu di Kota Kediri ini menjelaskan sebelum dibuka, dirinya telah beberapa kali mengunjungi Jembatan Brawijaya untuk memastikan jembatan benar-benar 'ready' untuk digunakan. Dari uji coba ini, akan dilakukan analisa tentang lalu lintas dan keramaian di sekitar jembatan.

"Bila tidak ada kendala InshaAllah akan kita resmikan di bulan Maret. Jika nanti analisanya sudah siap maka akan segera kita launching," jelasnya.

Menurutnya, dalam proses uji coba itu berbagai masukan dan saran akan ditampung. Tujuannya, agar kelancaran jalan bisa terus terjadi saat Jembatan Brawijaya difungsikan. Uji coba tersebut diharapkan maksimal dan dipahami oleh pengguna jalan.

Adapun, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri Ferry Djatmiko mengatakan dalam uji coba rekayasa lalu lintas ini, traffic light yang terpasang di sekitar jembatan sudah mulai digunakan. Untuk jembatan lama hanya berlaku dari arah Timur ke Barat dan hanya digunakan kendaraan roda dua saja. Sedangkan Jembatan Brawijaya ini digunakan untuk roda dua dan roda empat, kecuali kendaraan berat.

Ferry Djatmiko juga menyampaikan, dari pantauan CCTV, arus lalu lintas yang ada di Jembatan Semampir dan Jembatan Bandar berkurang dengan dibukanya Jembatan Brawijaya. Ke depan, Dishub akan terus melakukan evaluasi bersama Satlantas Polresta Kediri untuk lalu lintas di Jembatan Brawijaya. "Ini belum bisa dijadikan pedoman. Kita akan lihat nanti satu bulan ke depan," jelasnya.

Dalam uji coba ini dihadiri Plt. Kepala Dinas PUPR Sunyata, Kepala Dishub Ferry Djatmiko, Plt. Kepala Satpol PP Kota Kediri Ali Mukhlis, Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP A.Risky, Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri Apip Permana, dan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Kediri Mukhlis Isnaini. (rif/ian)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...