Jumat, 24 Mei 2019 04:59

Jelang Natal, Permintaan Relief 'Perjamuan Suci' di Bojonegoro Stabil

Jumat, 14 Desember 2018 21:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Jelang Natal, Permintaan Relief
TELITI: Salah satu pekerja Sutrisno sedang mengukir relief perjamuan suci berjenis tiga dimensi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Permintaan ukiran relief 'perjamuan suci' untuk perayaan Hari Natal 25 Desember di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terbilang stabil.

Sutrisno pemilik usaha ukir relief di Jalan Pemuda, Kecamatan Kota Bojonegoro mengatakan, permintaan ukiran relief dari limbah kayu jati tahun ini stabil dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini hanya membuat dua buah saja (ukiran relief perjamuan suci). Tahun lalu sampai enam-tujuh buah," kata Sutrisno ditemui di rumahnya, Jumat (14/12/18).

Dia mengatakan, para pemesan relief perjamuan suci tahun sebelumnya datang dari berbagai kota, baik wilayah Jawa Timur maupun Jawa Tengah hingga Kalimantan dan Sumatera.

"Harganya mulai Rp 2 juta hingga Rp 40 juta untuk relief yang besar ukuran 1x2 meter," ucapnya menjelaskan.

Ukiran yang dibuat Sutrisno dan beberapa pekerjanya berjenis tiga dimensi (3D). Selain itu kualitas kayu yang digunakan adalah kayu jati tua asli Kabupaten Bojonegoro.

"Bedanya di sini dengan di Jepara misalnya, di sini menang bahan kayu jatinya yang tua asli jati Bojonegoro. Di sini reliefnya juga langsung jadi satu dengan bonggol jati (akarnya). Jadi harganya sedikit lebih mahal, karena barangnya bagus," katanya.

Sutrisno menekuni usaha ukir kayu jati sejak 2002 silam. Dari tahun ke tahun usahanya terus berkembang hingga saat ini mempunyai 23 orang pekerja.

Di gudangnya ada sekitar 30 jenis ukiran kayu jati yang siap dijual. Mulai bentuk burung garuda, kaligrafi, hingga relief perjamuan suci untuk hiasan perayaan Natal dan relief Yesus. (nur/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...