Selasa, 26 Maret 2019 18:11

Jelang Natal, Permintaan Relief 'Perjamuan Suci' di Bojonegoro Stabil

Jumat, 14 Desember 2018 21:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Jelang Natal, Permintaan Relief
TELITI: Salah satu pekerja Sutrisno sedang mengukir relief perjamuan suci berjenis tiga dimensi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Permintaan ukiran relief 'perjamuan suci' untuk perayaan Hari Natal 25 Desember di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terbilang stabil.

Sutrisno pemilik usaha ukir relief di Jalan Pemuda, Kecamatan Kota Bojonegoro mengatakan, permintaan ukiran relief dari limbah kayu jati tahun ini stabil dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini hanya membuat dua buah saja (ukiran relief perjamuan suci). Tahun lalu sampai enam-tujuh buah," kata Sutrisno ditemui di rumahnya, Jumat (14/12/18).

Dia mengatakan, para pemesan relief perjamuan suci tahun sebelumnya datang dari berbagai kota, baik wilayah Jawa Timur maupun Jawa Tengah hingga Kalimantan dan Sumatera.

"Harganya mulai Rp 2 juta hingga Rp 40 juta untuk relief yang besar ukuran 1x2 meter," ucapnya menjelaskan.

Ukiran yang dibuat Sutrisno dan beberapa pekerjanya berjenis tiga dimensi (3D). Selain itu kualitas kayu yang digunakan adalah kayu jati tua asli Kabupaten Bojonegoro.

"Bedanya di sini dengan di Jepara misalnya, di sini menang bahan kayu jatinya yang tua asli jati Bojonegoro. Di sini reliefnya juga langsung jadi satu dengan bonggol jati (akarnya). Jadi harganya sedikit lebih mahal, karena barangnya bagus," katanya.

Sutrisno menekuni usaha ukir kayu jati sejak 2002 silam. Dari tahun ke tahun usahanya terus berkembang hingga saat ini mempunyai 23 orang pekerja.

Di gudangnya ada sekitar 30 jenis ukiran kayu jati yang siap dijual. Mulai bentuk burung garuda, kaligrafi, hingga relief perjamuan suci untuk hiasan perayaan Natal dan relief Yesus. (nur/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...