AKD Gresik Desak Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 Dimajukan

AKD Gresik Desak Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 Dimajukan AKD saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I. foto: SYUHUD A/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Kepala Desa (AKD) se-Kabupaten mendesak agar pelaksanaan pemilihan kepala desa () serentak tahun 2019 dimajukan.

Mereka menilai jadwal pelaksanaan serentak pada bulan Oktober 2019 sebagaimana rencana dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), masih terlalu lama.

"Kami dari AKD telah melakukan rapat kerja (RK) dengan Komisi I DPRD pada Kamis (13/12/2018) kemarin. Pada RK itu kami sampaikan sejumlah masukan dan permintaan terkait serentak 2019," ujar Dewan Penasehat AKD Kabupaten , Syaifullah Mahdi kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (14/12/2018).

Ia mengaku mengusulkan agar tahapan mulai digelar bulan Mei, sedangkan serentak digelar Juni. "Pertimbangan ini mengingat betapa berat beban Kades yang ada menjaga kondusivitas masyarakat menjelang digelarnya . Pertimbangan lain, kalau terlalu mundur hingga akhir tahun seperti bulan Oktober, dampaknya akan terlalu lama vacuum of power (kekosongan kekuasaan)," papar Kades Pangkahwetan ini.

"Hal ini bisa kurang bagus terhadap stabilitas birokrasi di desa," imbuh Kades yang getol membangun obyek wisata untuk mendongkrak pendapatan asli desa (PADes) ini.

"Juga yang perlu menjadi pertimbangan, Pj (Penjabat) Kades dengan pelaksanaan serentak di 268 desa tahun 2019, sangat diragukan bisa terlayani oleh kecamatan. Hal ini dikarenakan dengan kondisi minimnya sember daya manusia (SDM) PNS yang ada di kecamatan karena mayoritas semua desa di tiap kecamatan melaksanakan ," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO