​Kuota Haji 2019 di Pacitan Turun dari Tahun Sebelumnya

​Kuota Haji 2019 di Pacitan Turun dari Tahun Sebelumnya Ilustrasi.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan belum bisa memastikan jumlah jamaah calon haji yang hendak berangkat ke tanah suci pada musim haji Tahun 2019 nanti. Merunut informasi dari Kemenag Jatim, kuota haji Tahun 2019 tercatat sekitar 156 dan cadangan sebanyak 24. 

"Informasi sementara 156 yang berangkat dan 24 cadangan. Namun nanti dimungkinkan akan bertambah menjadi sekitar 170-an jamaah," kata Agus Hadi Prabowo, Kasie Haji Kantor Kemenag Pacitan, Kamis (13/13).

Penambahan tersebut, lanjut dia, berasal dari penggabungan mahrom, lansia, serta pendamping. "Akan tepat sekali lagi, kami belum bisa memastikan. Sebab belum ada kejelasan pasti dari Kemenag Jatim," jelas Agus.

Sementara itu bagi jamaah calon haji yang hendak berangkat tahun depan, pelunasan biaya haji pada tahap pertama harus sudah diselesaikan Januari mendatang. Meski begitu, Agus menegaskan penentu jamaah calon haji bisa melunasi biaya haji atau tidak, sepenuhnya ranah dari sistem informasi komputerisasi haji terpadu bidang kesehatan. 

"Mereka yang dinyatakan istitoah baru diperkenankan melunasi ongkos hajinya. Sedangkan yang tidak istitoah, tentu tidak diperkenankan melunasi ongkos haji. Sebab keberangkatan mereka akan tertunda," beber mantan komisioner KPU Pacitan ini pada pewarta.

Sementara itu sebagaimana diketahui, kuota haji Tahun 2019 memang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pada Tahun 2018, kuota haji di Pacitan tercatat sebanyak 239 pemberangkatan. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO