145 CJH Asal Pacitan Sudah Lunasi Biaya Haji

145 CJH Asal Pacitan Sudah Lunasi Biaya Haji H. Agus Hadi Prabowo, Kasie Haji Kantor Kementerian Agama Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 145 calon jema'ah haji (CJH) asal Pacitan sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji. Sedangkan sebanyak 22 CJH lainnya masih ditunggu sampai tanggal 15 April nanti.

"Total CJH kita ada 167 orang. Sebanyak 145 sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji, sisanya sebanyak 22 CJH. Di mana 12 orang di antaranya meminta ditunda pemberangkatannya karena alasan kuliah, sekolah, dan bekerja," kata Agus Hadi Prabowo, Kasie Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan, Selasa (9/4).

Menurut rencana, para calon tamu Allah SWT itu akan berangkat menuju tanah suci sekitar tanggal 9-10 Juli mendatang. Soal jumlah pasti yang akan berangkat, Agus belum bisa memastikan. Sebab masih ada tambahan di antaranya CJH yang sudah berhaji, penggabungan mahrom, lansia, dan cadangan. "Jumlah tambahan ini kurang lebih sekitar 15-20 orang. Sehingga dimungkinkan, CJH dari Pacitan yang akan berangkat sekitar 170 orang," tandasnya.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa mulai tahun ini ada penerapan sistem zonasi. Di mana penempatan JCH Indonesia akan didasarkan pada embarkasi. "Jemaah Haji Indonesia dari embarkasi Surabaya (Jawa Timur) pemondokan/hotel akan ditempatkan di Daerah Mahbas Jin sekitar 3 km dari Masjidil Haram. Biar pun jauh ada kemudahan yaitu disediakannya bus shalawat 24 jam dari pemondokan/hotel ke Masjidil Haram," jelasnya.

Sementara untuk regu atau rombongan akan didasarkan pada kode pos sesuai alamat domisili masing-masing JCH. "Jadi tidak didasarkan pada kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), namun berdasarkan kode pos domisili. Dan hal baru lagi, tahun ini jemaah haji Indonesia melaksanakan foto biometri. Untuk JCH dari Pacitan sudah melaksanakan hal itu.
Juga sudah melaksanakan vaksin meningistis di puskesmas sebagai salah satu syarat wajib mendapatkan visa," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO