Jamaah Haji Asal Pacitan Dipastikan Sehat dan Terus Melaksanakan Rukun Haji di Mekkah

Jamaah Haji Asal Pacitan Dipastikan Sehat dan Terus Melaksanakan Rukun Haji di Mekkah Kasie Haji, Kemenag Pacitan, H. Agus Hadi Prabowo. (Yuniardi Sutondo)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 195 jamaah haji asal Pacitan yang saat ini sudah berada di tanah suci dipastikan dalam kondisi sehat. Hal ini disampaikan Kasie Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan, Agus Hadi Prabowo.

"Kegiatan jemaah dari Pacitan yang bergabung pada kloter 4 Surabaya saat ini sedang menyelesaikan Sholat Arbain (sholat fardhu 40 waktu di Masjid Nabawi Madinah), dan hari Selasa (16/7) besok mulai melaksanakan umroh wajib dengan mengambil miqot di Masjid Bir Ali. Umroh ini, karena menggunakan Haji Tamatu' yakni berhaji dengan melaksanakan umroh dulu, dengan konsekuensi membayar dam," tutur Agus, Senin (15/7).

Selama berada di Madinah, lanjut dia, jemaah haji juga melakukan ziarah ke tempat bersejarah saat dakwah Islam jaman Nabi Muhammad silam. Di antaranya berkunjung ke Bukit Uhud, Masjid Quba.

"Tentu ziarah ke Raudhoh (area antara rumah nabi dan mimbar Masjid Nabawi), di samping itu juga mengunjungi Jabal Magnet dan kebun atau pasar kurma," jelasnya.

Setelah berihram (sholat ihrom) dari miqot di Masjid Bir Ali, jemaah menuju hotel di Makkah (kawasan Mahbas Jin) untuk menata barang bawaan dan menuju Masjidil Harom guna melanjutkan ibadah umroh dengan Tawaf dan Sai.

"Secara detil pelaksanaan ibadah umroh ini akan dibimbing oleh TPIHI/TPHD dibantu TPHI/TKHI. Jemaah haji Pacitan terus berada di Makkah sampai tanggal 17-18 Agustus nanti," sambung Agus.

Sementara itu terkait dua jemaah yang terpisah kloter, apakah mereka bisa bergabung dengan sesama jemaah dari Pacitan (dari Kloter 18 ke kloter 4), Agus belum bisa memastikan. "Saat ini bisa atau tidak, kita tunggu pengaturan lebih lanjut dari PPIH Arab Saudi (Daker Makkah)," tukasnya. 

Sekadar informasi, ada dua jemaah yang terpisah kloter yaitu atas nama Muchjidin dan Cahyo Sulistyono asal Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan. Mereka sudah berangkat menyusul melalui Kloter 18 Kabupaten Malang. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO