Kamis, 23 Mei 2019 06:56

Pemkab Kediri Siapkan 3.272 Formasi Kerja di Job Fair ke-2 Tahun 2018

Jumat, 07 Desember 2018 17:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Arif Kurniawan
Pemkab Kediri Siapkan 3.272 Formasi Kerja di Job Fair ke-2 Tahun 2018
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Widodo Imam Santoso saat membuka acara job fair.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Angka pengangguran di Indonesia terus meningkat. Pengangguran yang ada ini menunjukkan belum seimbangnya kebutuhan dengan persediaan tenaga kerja, serta masih adanya kesenjangan informasi lowongan pekerjaan antara pengguna jasa kerja dengan para pelamar kerja atau pencari kerja.

Dengan jumlah penduduk Kabupaten Kediri 1,56 juta jiwa, angka pengangguran terbuka mencapai sebanyak 27.160 jiwa. Ini merupakan angka cukup lumayan banyak. Faktor lainnya penyebab tingginya pengangguran adalah tidak ada kesesuaian kualifikasi lowongan terhadap jenis kemampuan para pelamar. Hal ini menjadikan mereka mengurungkan niatnya.

Oleh sebab itu, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri menggelar Bursa Kerja Job Fair 2018 di Convention Hall Kabupaten Kediri, Rabu (5/12). Beberapa pengguna jasa kerja dan perusahaan besar turut serta pelaksanaan bursa kerja ini.

Acara pembukaan bursa kerja dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Widodo Imam Santoso, Kepala Dinas Tenaga Kerja Ir. Dwi Hari Winarno Sp PSDA, perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Camat se-Kabupaten Kediri, pimpinan perusahaan, dan para peserta bursa kerja. Bursa kerja kali ini dikuti 62 perusahaan dengan peluang lowongan perkerjaan sebanyak 3.272 formasi kerja.

Acara diawali dengan sambutan laporan panitia pelaksana kegiatan dan diteruskan dengan sambutan Bupati Kediri yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Widodo Imam Santoso. “Pada perekutan pegawai dalam bursa kerja ini diharapkan dapat mengutamakan warga Kabupaten Kediri. Saya juga berharap pada bursa kerja 2018 yang kedua kali ini nanti akan bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya khususnya bagi warga Kabupaten Kediri,” katanya.

Selanjutnya Ir. Widodo Imam Santoso membuka acara bursa kerja 2018 dengan pemukulan gong. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 5 s/d 6 Desember 2018 dimulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Para tamu undangan meninjau langsung lokasi area stand bursa kerja, dikuti oleh para pencari lowongan kerja yang sudah memenuhi pintu masuk hall. Terlihat antusiasme para pelamar dalam bertanya dan menggali informasi mengenai pekerjaan pada setiap perusahaan yang sudah tertata di setiap stand.

Perlu diketahui, lowongan kerja pada bursa kerja ini terbuka untuk lulusan pendidikan SMA/SMK/MA sederajat hingga S-1. “Harapan kita dengan bursa kerja ini dapat membuka kesempatan bagi pencari kerja dan memberikan kedekatan terhadap perusahaan dengan masyarakat yang mencari kerja. Sehingga, para pencari kerja di Kabupaten Kediri ini dapat segera bekerja. Sasaran kita tidak terbatas perusahaan besar di Kediri saja, tetapi perusahaan se-Indonesia. Dengan acara ini dapat meminimalisir angka pengangguran di Kabupaten Kediri,” tambah Widodo usai acara.

Sementara itu, salah satu pelamar kerja mengaku terbantu dengan adanya bursa kerja ini. “Terselenggaranya acara ini cukup bermanfaat untuk saya, karena saya sedang mencari pekerjaan yang sesuai dan pas dengan lulusan pendidikan strata saya,” ucap Shafira yang merupakan lulusan S-1 Perikanan ini. (adv/kominfo/rif)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...