Pencegahan Narkoba Jadi Tanggung Jawab Bersama

Pencegahan Narkoba Jadi Tanggung Jawab Bersama Kartika Hidayati saat pembukaan seminar.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Lamongan bersama Pemerintah beserta tiga pilar yakni Kejaksaan, Kepolisian, dan TNI terus gencar melakukan penyuluhan dan seminar di lingkungan pendidikan maupun masyarakat.

Pada kegiatan kali ini, P4GN Kabupaten Lamongan berserta Muspika Kecamatan Brondong menggelar "Seminar Anti Narkoba" bersama kalangan Forum Kader Pemuda anti Narkoba (FKPAN) dan pelajar SMA Ma'arif 2 di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Cumpleng, Brengkok, Kecamatan Brondong.

Seminar dibuka langsung Wakil Bupati Dra. Hj. Kartika Hidayati M.M, M.HP, selaku Ketua Satlak P4GN Kabupaten Lamongan. Wabup menyebutkan, P4GN menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat Lamongan, baik di kota maupun di pedesaan.

"Mencegah peredaran narkoba merupakan tugas dan tanggung jawab kita untuk terus mengawal dan memperhatikan anak-anak kita agar tidak terjerumus kedalam pergaulan yang bisa menyesatkan masa depannya kelak," jelas Kartika, Sabtu (1/12).

Kartika menjelaskan, narkoba saat ini sudah merambah kepada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, bukan lagi merambah hanya kepada orang dewasa saja.

"Karakteristik perilaku fase pubertas anak di antaranya mencari identitas diri, rasa ingin tahu yang tinggi dan ingin mencoba-coba, emosi yang belum stabil, ingin hebat, dan diakui oleh lingkungannya, kurang mengerti bahaya dan kecendrungan gegabah," lanjutnya.

Para pelajar diimbau untuk mengerti kalau Negara Indonesia menjadi sasaran empuk bagi Negara lain dalam merusak generasi anak bangsa lewat narkoba. Sehingga dengan mudah bangsa ini akan hancur karena perbuatan negara lain yang dianggap penjajah.

Maka dari itu, Kartika mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut aktif berperan serta dalam menanggulangi masalah narkoba ini, khusus di kalangan pendidikan diharapkan dengan kegiatan ini para peserta yang hadir untuk bisa menginformasikan kembali di lingkungannya masing-masing.

Melalui penyuluhan P4GN ini, pihaknya memiliki keinginan serta bertujuan untuk mewujudkan keluarga dan generasi yang sehat. (qom/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO