Minggu, 17 Februari 2019 07:41

Pansus LKPJ Usulkan Ada Bank Jatim di Setiap Pasar Tradisional

Sabtu, 01 Desember 2018 01:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Pansus LKPJ Usulkan Ada Bank Jatim di Setiap Pasar Tradisional
Afwan Maksum, Anggota Pansus LKPJ Gubernur Jatim 2018. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur atau Bank Jatim diminta lebih dekat dengan warga Jawa Timur. Pasalnya saham Bank Jatim selain dari APBD pemprov juga berasal dari emkab dan pemkot yang notabene uang rakyat. Karena itu Afwan Maksum, anggota Pansus LKPJ Gubernur 2018 mengusulkan Bank Jatim mendirikan kantor kas di setiap pasar tradisional. Karena di situlah urat nadi perekonomian rakyat.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini mengakui sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di bidang perbankan, Bank Jatim memiliki tugas menghimpun keuntungan atau profit. Namun, Bank Jatim bjuga harus memiliki fungsi sosial dalam rangka mendongkrak perekonomian rakyat.

"Saya berharap Bank Jatim ada di mana-mana. Bahkan sampai ke lingkungan permukiman warga, termasuk di pasar-pasar tradisional. Paling tidak unit yang terbawah yaitu kantor kas. Dengan begitu warga akan lebih memilih menjadi nasabah Bank Jatim daripada bank swasta," urai Afwan Maksum, usai Pansus LKPJ di DPRD Jatim, Jumat (30/11).

Sarjana ekonomi lulusan Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta ini menilai, keberadaan Bank Jatim di lingkungan pasar tradisional sangat penting. Karena bisa menjadi pengungkit perekonomian menengah-bawah. Transaksi jual-beli yang riil di pasar tradisional akan meningkat seiring kantor kas Bank Jatim.

Karena itu, pihaknya berharap kantor kas Bank Jatim itu juga menyalurkan pinjaman lunak ke para pedagang di pasar. Dengan adanya modal usaha, para pedagang tentunya bisa meningkatkan dan mengembangkan usaha mereka.

"Terpenting, adanya kantor kas Bank Jatim di lingkungan pasar bisa menekan praktek rentenir yang selama ini banyak menjerat para pedagang. Ini bagian tanggung jawab moral Bank Jatim sebagai milik warga Jatim," imbuh anggota Komisi B DPRD Jatim ini. (mdr/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...