Tafsir Al-Isra 12: Kerja Malam Hari Menyalahi Kodrat

Tafsir Al-Isra 12: Kerja Malam Hari Menyalahi Kodrat Ilustrasi

Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   

Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba wakulla syay-in fashshalnaahu tafshiilaan (12).

"... waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum". Sengaja Tuhan mencipta waktu siang secerah mungkin (mubshirah) dengan tujuan kalian bisa kerja secara baik demi meraup rezeki.

Kata mubshirah sebagai sifat meletak untuk waktu siang (al-nahar) mengisyaratkan bahwa pencahayaan ruangan dituntut cukup dan sehat. Menurut hasil penelitian, soal pencahayaan di ruang kelas, baik sekolah dasar, menengah pertama, maupun atas, umumnya kurang memenuhi standar, bahkan beberapa ruang kelas di desa nampak suram. Kurangnya pencahayaan saat siswa belajar sungguh memaksa mata bekerja ekstra. Dampaknya pasti tidak baik bagi mata. Akibatnya, kelak mereka berpotensi pakai kacamata.

Waktu siang hari (al-nahar) ditunjuk sebagai waktu kerja mengais rezeki dari Tuhan, "litabtaghuu fadhlan min rabbikum". Ayat ini mengisyaratkan bahwa kerja pada malam hari kurang bagus bagi kesehatan manusia. Meski udara dingin dan sejuk, kerja serasa lebih nyaman, tapi tetap saja dampak buruknya lebih parah di hari tuanya nanti, ketimbang kerja di siang hari. Berolah raga pada pagi hari jauh lebih sehat ketimbang di malam hari.

Sedulur yang kerja malam hari dan terus-terusan seperti supir bus malam, penjaga kafe hingga larut malam, pastilah berisiko besar pada kesehatan, meskipun pada siang hari tidur melulu.

Allah SWT yang mencipta anatomi tubuh kita, tentulah Dia maha mengerti sifat dan daya tahannya. Maka memberi tuntunan bagaimana yang terbaik mengoperasionalkan tubuh ini. Ditunjuklah, siang untuk bekerja dan malam untuk beristirahat. Ayat ini tidak berarti melarang kerja malam hari, melainkan memberi panduan terbaik. Ayat senada ditera juga pada al-Naba' : 10-11. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO