Rabu, 16 Januari 2019 18:19

Tafsir Al-Isra 12: Kerja Malam Hari Menyalahi Kodrat

Minggu, 25 November 2018 13:24 WIB
Editor: Redaksi
Wartawan: --
Tafsir Al-Isra 12: Kerja Malam Hari Menyalahi Kodrat
Ilustrasi

Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   

Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba wakulla syay-in fashshalnaahu tafshiilaan (12).

"... waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum". Sengaja Tuhan mencipta waktu siang secerah mungkin (mubshirah) dengan tujuan kalian bisa kerja secara baik demi meraup rezeki.

Kata mubshirah sebagai sifat meletak untuk waktu siang (al-nahar) mengisyaratkan bahwa pencahayaan ruangan dituntut cukup dan sehat. Menurut hasil penelitian, soal pencahayaan di ruang kelas, baik sekolah dasar, menengah pertama, maupun atas, umumnya kurang memenuhi standar, bahkan beberapa ruang kelas di desa nampak suram. Kurangnya pencahayaan saat siswa belajar sungguh memaksa mata bekerja ekstra. Dampaknya pasti tidak baik bagi mata. Akibatnya, kelak mereka berpotensi pakai kacamata.

Waktu siang hari (al-nahar) ditunjuk sebagai waktu kerja mengais rezeki dari Tuhan, "litabtaghuu fadhlan min rabbikum". Ayat ini mengisyaratkan bahwa kerja pada malam hari kurang bagus bagi kesehatan manusia. Meski udara dingin dan sejuk, kerja serasa lebih nyaman, tapi tetap saja dampak buruknya lebih parah di hari tuanya nanti, ketimbang kerja di siang hari. Berolah raga pada pagi hari jauh lebih sehat ketimbang di malam hari.

Sedulur yang kerja malam hari dan terus-terusan seperti supir bus malam, penjaga kafe hingga larut malam, pastilah berisiko besar pada kesehatan, meskipun pada siang hari tidur melulu.

Allah SWT yang mencipta anatomi tubuh kita, tentulah Dia maha mengerti sifat dan daya tahannya. Maka memberi tuntunan bagaimana yang terbaik mengoperasionalkan tubuh ini. Ditunjuklah, siang untuk bekerja dan malam untuk beristirahat. Ayat ini tidak berarti melarang kerja malam hari, melainkan memberi panduan terbaik. Ayat senada ditera juga pada al-Naba' : 10-11. 

Jumat, 28 Desember 2018 23:10 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Toronan Semalam yang berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura memiliki keindahan tersendiri yang bisa dinikmati para wisatawan. Kampung ini cukup unik lantaran bunga Sakura yang kerap...
Rabu, 16 Januari 2019 09:58 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*17 JANUARI 2019 diagendakan pagelaran akbar berdemokrasi yang konon dinanti banyak orang. Konon saja mengingat situasinya sudah dipahami oleh khalayak mengenai materi yang diperbincangkan, bukan yang diperdebatkan. Inilah pe...
Minggu, 13 Januari 2019 15:55 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 18-19man kaana yuriidu al’aajilata ‘ajjalnaa lahu fiihaa maa nasyaau liman nuriidu tsumma ja’alnaa lahu jahannama yashlaahaa madzmuuman madhuuraan (18).Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (d...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...