Selasa, 23 April 2019 00:01

KPU Lamongan Serahkan APK Pemilu 2019

Kamis, 08 November 2018 22:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten mulai menyerahkan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk pemilu 2019 di Kantor KPU Lamongan, Kamis (8/11).

Penyerahan yang dihadiri para peserta pemilu tersebut juga telah disepakati untuk segera memasangnya di titik dan lokasi yang telah ditentukan dengan durasi waktu 10 hari harus sudah terpasang.

Divisi Humas dan Parmas Fathur Rohman kepada wartawan mengatakan, sesuai dengan kesepakatan antara KPU, Bawaslu, dan peserta pemilu, baik itu tim kampanye capres cawapres dan tim pelaksana kampanye parpol dan LO dari DPD, bahwa APK diserahkan hari ini.

"Untuk baliho dan spanduk dalam waktu 1 minggu ke depan harus sudah terpasang sesuai dengan titik-titik yang sudah ditentukan oleh KPU," katanya.

Dijelaskan Fatkhur, selain ada APK yang difasilitasi KPU, mereka juga bisa mencetak APK tambahan dengan jumlah maksimal 5 baliho dan 10 spanduk berbasis desa dan kelurahan se-Kabupaten Lamongan. Syaratnya, APK tambahan itu tidak melanggar baik dari segi aturan pemasangan, yakni tidak dipaku dipohon, tidak melintang, dan tidak dipasang di pelayanan masyarakat dan tempat ibadah.

"Jika itu dilanggar, maka seperti yang ditegaskan Bawaslu akan ditindak tegas dengan tindakan gerakan bersih hari Jumat. Kalau tidak diindahkan maka akan segera ditindak sesuai PKPU nomer 23 tahun 2018. Bawaslu akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan APK yang dianggap melanggar," jelasnya.

APK yang difasilitasi KPU ini antara lain pertama untuk Tim Kampanye Capres dan Cawapres Baliho sebanyak 10 buah dan spanduk sebanyak 16 buah dikali Paslon.

Untuk partai politik adalah baliho sebanyak 10 buah dan spanduk sebanyak 16 buah (dikali 16 parpol). Untuk Dewan Perwakilan Daerah yaitu spanduk sebanyak 10 buah dikali 28 calon anggota DPD.

Sementara untuk APK tambahan yang dibuat oleh Tim Kampanye Capres dan Cawapres Baliho paling banyak sebanyak 5 buah dan spanduk paling banyak 10 buah. Untuk parpol, baliho paling banyak 5 buah dan spanduk paling banyak 10 buah, Dewan Perwakilan Daerah baliho paling banyak 5 buah dan spanduk paling banyak 10 buah, dan billboard atau videotron paling banyak 2 buah di tingkat kabupaten.

Semuanya bakal dipasang di seluruh wilayah Kabupaten Lamongan sepanjang tidak melanggar ketentuan uu dan pkpu serta perbup 10 th 2013. (qom/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Izza Kustiarti
Senin, 22 April 2019 17:12 WIB
Oleh: Izza Kustiarti*Pemilu serentak 2019 merupakan pemilu perdana yang menyertakan antara pemilihan legislatif dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Penyelenggaraan pemilu serentak merupakan titah dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nom...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...