Rabu, 21 November 2018 09:57

Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

Selasa, 06 November 2018 22:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ronggosukowati sebagai Raja Islam pertama di Pamekasan, yang menjadi cikal bakal lahirnya Pamekasan dipentaskan dalam prosesi drama history penobatan raja Pamelingan yang digelar di Pendopo Agung Ronggosukowati, Senin (05/11) malam.

Di dalam pementasan prosesi drama history tersebut, Bupati Badrut Tamam didampingi istri dinobatkan sebagai Raja Pamelingan dengan gelar Ronggosukowati oleh kyai sepuh yang diperankan secara langsung oleh keturunan raja Pamekasan Ronggosukowati, yakni KH RP. Thoriq Syakrani S.Sos M.Si yang masih disegani di kabupaten gerbang salam ini. Proesesi berlangsung sakral, dengan pemakaian mahkota kerajaan serta penyerahan panji kerajaan.

Sebelum prosesi penobatan, Badrut Tamam bersama istri tiba di pendopo dengan mengendarai kereta kencana yang dikawal oleh para prajurit keraton, sesepuh, dan para pejabat keraton Pamelingan.

Penyambutan dengan tarian songsong senom layaknya raja-raja dilakukan dalam drama yang dihadiri oleh seluruh forkopimda, ketua DPRD, para kepala OPD, seluruh camat, dan tomas, serta tokoh agama di Bumi Gerbang Salam.

Dalam sambutannya yang memakai bahasa Madura, Badrut Tamam setelah penobatan mengatakan kepada seluruh masyarakat Pamekasan untuk saling bergotong-royong, bahu membahu untuk membangun Pamekasan hebat.

"Kita harus mencontoh tauladan Raja Ronggosukowati yang sudah memberikan yang terbaik bagi Pamekasan, baik dari struktur dan kultur, ataupun kejayaan dalam membangun Pamekasan dari segala bidang," tuturnya dengan semangat.

"Kepeloporan Ronggosukowati harus menjadi keinginan kita bersama dalam melestarikan Pemerintahan di Kabupaten Pamekasan dengan mengikuti jejaknya," katanya.

Badrut Tamam menambahkan, bahwa Raja Ronggosukowati merupakan raja yang mempunyai nuansa religius dalam membangun pemerintahan di Kabupaten Pamekasan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih atas semua perjuangannya dalam menjadikan Pamekasan sebagai Kabupaten yang kita cintai bersama untuk menjadikan Kabupaten yang hebat, rajjah, bejjrah, ben parjugah untuk mensejahterakan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Pamekasan," pungkasnya yang disambut gemuruh tepuk tangan para undangan.

Acara tersebut diakhiri dengan mengucapkan selamat atas penobatan Ronggosukowati sebagai raja Pamelingan yang diperankan bupati Pamekasan Badrut Tamam. (err/rev)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Senin, 19 November 2018 11:17 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...