Rabu, 19 Juni 2019 06:55

Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

Selasa, 06 November 2018 22:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ronggosukowati sebagai Raja Islam pertama di Pamekasan, yang menjadi cikal bakal lahirnya Pamekasan dipentaskan dalam prosesi drama history penobatan raja Pamelingan yang digelar di Pendopo Agung Ronggosukowati, Senin (05/11) malam.

Di dalam pementasan prosesi drama history tersebut, Bupati Badrut Tamam didampingi istri dinobatkan sebagai Raja Pamelingan dengan gelar Ronggosukowati oleh kyai sepuh yang diperankan secara langsung oleh keturunan raja Pamekasan Ronggosukowati, yakni KH RP. Thoriq Syakrani S.Sos M.Si yang masih disegani di kabupaten gerbang salam ini. Proesesi berlangsung sakral, dengan pemakaian mahkota kerajaan serta penyerahan panji kerajaan.

Sebelum prosesi penobatan, Badrut Tamam bersama istri tiba di pendopo dengan mengendarai kereta kencana yang dikawal oleh para prajurit keraton, sesepuh, dan para pejabat keraton Pamelingan.

Penyambutan dengan tarian songsong senom layaknya raja-raja dilakukan dalam drama yang dihadiri oleh seluruh forkopimda, ketua DPRD, para kepala OPD, seluruh camat, dan tomas, serta tokoh agama di Bumi Gerbang Salam.

Dalam sambutannya yang memakai bahasa Madura, Badrut Tamam setelah penobatan mengatakan kepada seluruh masyarakat Pamekasan untuk saling bergotong-royong, bahu membahu untuk membangun Pamekasan hebat.

"Kita harus mencontoh tauladan Raja Ronggosukowati yang sudah memberikan yang terbaik bagi Pamekasan, baik dari struktur dan kultur, ataupun kejayaan dalam membangun Pamekasan dari segala bidang," tuturnya dengan semangat.

"Kepeloporan Ronggosukowati harus menjadi keinginan kita bersama dalam melestarikan Pemerintahan di Kabupaten Pamekasan dengan mengikuti jejaknya," katanya.

Badrut Tamam menambahkan, bahwa Raja Ronggosukowati merupakan raja yang mempunyai nuansa religius dalam membangun pemerintahan di Kabupaten Pamekasan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih atas semua perjuangannya dalam menjadikan Pamekasan sebagai Kabupaten yang kita cintai bersama untuk menjadikan Kabupaten yang hebat, rajjah, bejjrah, ben parjugah untuk mensejahterakan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Pamekasan," pungkasnya yang disambut gemuruh tepuk tangan para undangan.

Acara tersebut diakhiri dengan mengucapkan selamat atas penobatan Ronggosukowati sebagai raja Pamelingan yang diperankan bupati Pamekasan Badrut Tamam. (err/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...