Jumat, 22 Maret 2019 16:04

Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

Selasa, 06 November 2018 22:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ronggosukowati sebagai Raja Islam pertama di Pamekasan, yang menjadi cikal bakal lahirnya Pamekasan dipentaskan dalam prosesi drama history penobatan raja Pamelingan yang digelar di Pendopo Agung Ronggosukowati, Senin (05/11) malam.

Di dalam pementasan prosesi drama history tersebut, Bupati Badrut Tamam didampingi istri dinobatkan sebagai Raja Pamelingan dengan gelar Ronggosukowati oleh kyai sepuh yang diperankan secara langsung oleh keturunan raja Pamekasan Ronggosukowati, yakni KH RP. Thoriq Syakrani S.Sos M.Si yang masih disegani di kabupaten gerbang salam ini. Proesesi berlangsung sakral, dengan pemakaian mahkota kerajaan serta penyerahan panji kerajaan.

Sebelum prosesi penobatan, Badrut Tamam bersama istri tiba di pendopo dengan mengendarai kereta kencana yang dikawal oleh para prajurit keraton, sesepuh, dan para pejabat keraton Pamelingan.

Penyambutan dengan tarian songsong senom layaknya raja-raja dilakukan dalam drama yang dihadiri oleh seluruh forkopimda, ketua DPRD, para kepala OPD, seluruh camat, dan tomas, serta tokoh agama di Bumi Gerbang Salam.

Dalam sambutannya yang memakai bahasa Madura, Badrut Tamam setelah penobatan mengatakan kepada seluruh masyarakat Pamekasan untuk saling bergotong-royong, bahu membahu untuk membangun Pamekasan hebat.

"Kita harus mencontoh tauladan Raja Ronggosukowati yang sudah memberikan yang terbaik bagi Pamekasan, baik dari struktur dan kultur, ataupun kejayaan dalam membangun Pamekasan dari segala bidang," tuturnya dengan semangat.

"Kepeloporan Ronggosukowati harus menjadi keinginan kita bersama dalam melestarikan Pemerintahan di Kabupaten Pamekasan dengan mengikuti jejaknya," katanya.

Badrut Tamam menambahkan, bahwa Raja Ronggosukowati merupakan raja yang mempunyai nuansa religius dalam membangun pemerintahan di Kabupaten Pamekasan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih atas semua perjuangannya dalam menjadikan Pamekasan sebagai Kabupaten yang kita cintai bersama untuk menjadikan Kabupaten yang hebat, rajjah, bejjrah, ben parjugah untuk mensejahterakan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Pamekasan," pungkasnya yang disambut gemuruh tepuk tangan para undangan.

Acara tersebut diakhiri dengan mengucapkan selamat atas penobatan Ronggosukowati sebagai raja Pamelingan yang diperankan bupati Pamekasan Badrut Tamam. (err/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...