Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

Prosesi Drama History Penobatan Ronggosukowati Sebagai Raja Pamelingan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ronggosukowati sebagai Raja Islam pertama di , yang menjadi cikal bakal lahirnya dipentaskan dalam prosesi drama history penobatan raja Pamelingan yang digelar di Pendopo Agung Ronggosukowati, Senin (05/11) malam.

Di dalam pementasan prosesi drama history tersebut, Bupati Badrut Tamam didampingi istri dinobatkan sebagai Raja Pamelingan dengan gelar Ronggosukowati oleh kyai sepuh yang diperankan secara langsung oleh keturunan raja Ronggosukowati, yakni KH RP. Thoriq Syakrani S.Sos M.Si yang masih disegani di kabupaten gerbang salam ini. Proesesi berlangsung sakral, dengan pemakaian mahkota kerajaan serta penyerahan panji kerajaan.

Sebelum prosesi penobatan, Badrut Tamam bersama istri tiba di pendopo dengan mengendarai kereta kencana yang dikawal oleh para prajurit keraton, sesepuh, dan para pejabat keraton Pamelingan.

Penyambutan dengan tarian songsong senom layaknya raja-raja dilakukan dalam drama yang dihadiri oleh seluruh forkopimda, ketua DPRD, para kepala OPD, seluruh camat, dan tomas, serta tokoh agama di Bumi Gerbang Salam.

Dalam sambutannya yang memakai bahasa Madura, Badrut Tamam setelah penobatan mengatakan kepada seluruh masyarakat untuk saling bergotong-royong, bahu membahu untuk membangun hebat.

"Kita harus mencontoh tauladan Raja Ronggosukowati yang sudah memberikan yang terbaik bagi , baik dari struktur dan kultur, ataupun kejayaan dalam membangun dari segala bidang," tuturnya dengan semangat.

"Kepeloporan Ronggosukowati harus menjadi keinginan kita bersama dalam melestarikan Pemerintahan di Kabupaten dengan mengikuti jejaknya," katanya.

Badrut Tamam menambahkan, bahwa Raja Ronggosukowati merupakan raja yang mempunyai nuansa religius dalam membangun pemerintahan di Kabupaten .

"Saya ucapkan banyak terima kasih atas semua perjuangannya dalam menjadikan sebagai Kabupaten yang kita cintai bersama untuk menjadikan Kabupaten yang hebat, rajjah, bejjrah, ben parjugah untuk mensejahterakan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten ," pungkasnya yang disambut gemuruh tepuk tangan para undangan.

Acara tersebut diakhiri dengan mengucapkan selamat atas penobatan Ronggosukowati sebagai raja Pamelingan yang diperankan bupati Badrut Tamam. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO