Gandeng Baznas, Kecamatan Kalipuro Swadaya Atasi Kemiskinan

Gandeng Baznas, Kecamatan Kalipuro Swadaya Atasi Kemiskinan Sekcam Kalipuro, Ika Herdiana Friaresta.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Kalipuro, Kabupaten , di bulan Oktober ini sudah banyak melakukan kegiatan sosial bekerja sama dengan Baznas. Sejumlah kegiatan sosial itu di antaranya berupa pembedahan rumah dan pemberian rantang dhuafa untuk warga kurang mampu.

Kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warga yang kurang mampu yang digagas langsung oleh Pemerintah Kecamatan Kalipuro yang bekerja sama dengan stakeholder dan Baznas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemerataan kesejateraan di wilayah desa maupun kelurahan yang ada di wilayah Kalipuro.

Sekretaris Camat (Sekcam) Kalipuro, Ika Herdiana Friaresta mengatakan bahwa program-program di kecamatan itu akan disinkronkan dengan program pengentasan kemiskinan dari Pemkab maupun Kemensos.

Ia mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan semua program bantuan sosial dari Pemkab maupun Kemensos yang melekat untuk warga miskin, seperti BPNT, JKN, Kanggo Riko dan PKH.

"Akan kami susun rinci siapa saja warga kurang mampu yang mendapatkannya, agar pembagiannya bisa merata. Selain itu, akan kami buatkan stiker dan akan kami tempelkan di setiap rumah warga yang mendapatkan bantuan agar terlihat jelas bahwa warga kurang mampu itu sudah mendapatkan bantuan sosial apa saja dari pemerintah," jelasnya.

Sementara untuk kegiatan yang digalang pihak kecamatan, Ika menerangkan bahwa selama ini pendanaannya dilakukan secara swadaya. "Bukan dana rutin dari desa, kelurahan, maupun kecamatan. Karena di kegiatan kepedulian ini kecamatan hanya menjebatani mencarikan stakeholder yang peduli atau yang ingin membantu sesama yang kurang mampu. Maka dari itu pihak kecamatan dalam kegiatan ini merangkul perusahaan yang ada di wilayah kami dan juga membina dan merangkul kelompok karang taruna dari desa maupun kelurahan yang ada di Kecamatan Kalipuro," terangnya. (gda/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO