Awasi Pembangunan Desa, Kecamatan Senori Bentuk FK KPMDes

Awasi Pembangunan Desa, Kecamatan Senori Bentuk FK KPMDes Rapat tertutup pembentukan kader FK KPMDes.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kecamatan , Kabupaten Tuban resmi membentuk Forum Komunikasi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (FK KPMDes), Kamis (18/10). Pembentukan FK KPMDes yang bertugas mengawasi pengembangan potensi desa ini dilakukan dalam rapat yang digelar di ruang pertemuan kantor Kecamatan .

Kasi PMD Kecamatan , Bambang Sukartika, mengatakan pembentukan FK KPMDes didasari oleh surat Bupati Tuban, Fathul Huda tertanggal 4 Oktober 2018 nomor 489/6081/414.108/2018 tentang optimalisasi pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan kreasi dan inovasi teknologi di Kabupaten Tuban.

Adapun struktur FK KPMDes diisi oleh 12 orang dari perwakilan desa yang ada di Kecamatan

"KPMDes ini merupakan pengendali atau pengawas pelaksanaan pembangunan desa yang sejajar dengan pendamping desa. Lebih spesifiknya, kader-kader tesebut sebagai perantara desa dengan pemerintah kecamatan dalam pengembangan potensi desa dan pengeloaan serta penggunaan PADes," terang Camat , Breddy Arianto Muntahir.

Menurut Breddy, FK KPMDes dibentuk sesuai dengan semangat dan tujuan pemerintah pusat dalam menggelontorkan dana desa. Ia berharap para kader FK KPMDes ini bisa menjadi stimulan agar ke depanya pengelolaan dana desa bisa berkembang dan lebih memberdayakan masyarakat.

"Toh pengelolaan dan penggunaan DD selama ini terkadang hanya berkuat di pembangunan yang itu-itu saja. Terkadang asas kemanfaatan dan pemerataannya sering dilupakan oleh pemdes," paparnya.

Turut hadir dalam pembentukan FK KPMDes ini, petugas pendamping dana desa dari Kemendesa yang bertugas di Kecamatan (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO