Resmikan Pasar 'Legenda' Setono Betek, Wali Kota Kediri Ingin Pasar yang Bersih

Resmikan Pasar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melakukan pemotongan untaian bunga melati yang menandakan peresmian pasar Setono Betek.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Meski proses pembangunan sempat berlangsung alot, akhirnya Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meresmikan penggunaan pasar Setono Betek Blok A, Kamis (18/10). Pasar Setono Betek merupakan pasar tradisional legendaris di Kota Kediri ini.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan bahwa pasar Setono Betek merupakan pusatnya pasar di Kota Kediri. Di masa kejayaanya, pasar Setono Betek sangat ramai, namun semakin lama semakin sepi. Penyebab utamanya, ternyata kondisi pasar yang kotor, kumuh, berbau, dan sanitasinya yang buruk.

Lebih lanjut, Wali Kota yang akrab disapa Mas Abu ini menyampaikan bahwa ada dua hal yang bisa membuat pasar nyaman. “Yang bisa membuat Pasar itu nyaman itu ada dua, yakni pedagang dan pengelola pasar. Untuk itu, para pedagang dan pengelola pasar silaturahminya harus bagus, komunikasinya harus bagus. Jika ada permasalahan, silakan para pedagang dan pengelola pasar diselesaikan bersama. Pemerintah di sini hanya sebagai fasilitator,” jelas pria 38 tahun ini.

Mas Abu juga menekankan tentang pentingnya rasa memiliki, baik bagi pedagang maupun bagi pengelola pasar. Karena bagi Mas Abu, pasar yang baik adalah pasar yang dijaga dan pelihara bersama.

“Jadi kebersihannya di tanggung bareng-bareng, kita saling mengingatkan. Karena yang bisa membuat pasar maju itu panjenengan. Karena yang menggunakan panjenengan, saya hanya bisa menfasilitasi,” terangnya.

Mas Abu berharap, agar tidak terlalu banyak paguyuban pasar. Sebab menurutnya, paguyuban pasar itu sebenarnya adalah satu kesatuan. “Mari kita pelihara pasar ini baik-baik. Saya minta jangan ada yang ditumpangi politik. Mari dikelola baik-baik, mari kita pikirkan bersama solusi untuk lebih memajukan pasar ini, jadi jangan geger, jangan ribut,” pesannya.

Terakhir dalam sambutanya, Mas Abu menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Kediri berencana melanjutkan pembangunan untuk blok B, C dan D. “Saya doakan pasar ini ramai, barokah, lancar banyak yang beli dan pedagangnya jadi juragan juragan. Saya minta, tolong lantai 2 termanfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO