Madiun Menuju Kabupaten Layak Anak

Madiun Menuju Kabupaten Layak Anak

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Madiun Siti Zubaidah mengimbau orang tua lebih aktif berperan untuk anaknya.

Keaktifan orang tua dinilai penting untuk memantau semua kegiatan anak di di dalam maupun di luar rumah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu disampaikan dalam acara pertemuan bersama seluruh wartawan yang diadakan Dinas Kominfo Kabupaten Madiun.

“Banyak waktu yang dapat digunakan di rumah di dalam anak-anak mengembangkan bakat. Di waktu itulah ortu (orang tua) memfokuskan pada pola pengasuhan anak. Di mana mereka mentransfer kemampuan kepada anak dari berbagai aspek baik pendidikan agama budi pekerti dan lain-lain. Dan tidak kalah pentingnya yaitu aspek sosial sehingga anak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya,” ujar Siti.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan orang tua dalam mengawal tumbuh kembang anak dengan berbagai implementasinya, antara lain menemani anak saat belajar serta jangan membentak anak anak.

“Sekarang ada program 1821. Jam saatnya anak untuk belajar paling tidak ortu menunggui anaknya belajar tanpa sibuk dengan urusannya sendiri. Dengan ditunggui saja sudah menunjukkan orang tua memberikan pengasuhan yang baik terhadap anak. Ini nanti akan ditiru anak saat dia menjadi orang tua. Jangan membentak anak, sekali dia akan teringat 360 derajat nantinya akan tidak baik pada perkembangan,“ bebernya.

Adapun acara ini digelar dalam rangka Madiun menuju Kabupaten Layak Anak (KLA). (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO