Kamis, 20 September 2018 06:25

Kabupaten Blitar Kirim 125 Ton Telur Ayam ke Jakarta Setiap Bulan

Selasa, 10 Juli 2018 14:12 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Akina Nur Alana
Kabupaten Blitar Kirim 125 Ton Telur Ayam ke Jakarta Setiap Bulan
Penandatanganan kerja sama antara Bupati Blitar Rijanto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebagai daerah sentra penghasil telur ayam, Kabupaten Blitar bakal memasok sekitar 125 ton telur ayam per bulan untuk DKI Jakarta. Pengiriman telur ayam dari Kabupaten Blitar ke Ibu Kota ini dituangkan dalam perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya dengan Pemkab Blitar.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani Bupati Blitar Rijanto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Untuk kebutuhan telur ayam di Jakarta per hari saja sampai 250 ton. Dari kebutuhan itu saat ini Kabupaten Blitar mampu menyuplai sekitar 125 ton per bulan. Namun jumlah ini ke depan seiring dengan berbagai perbaikan dan evaluasi akan terus ditambah sampai 250 ton per bulan," jelas Bupati Blitar Rijanto, Selasa (10/7/2018).

Produksi telur ayam di Kabupaten Blitar sendiri bisa mencapai 450 ton per hari. Jumlah tersebut dibagi untuk dikirim ke beberapa daerah di Indonesia. Seperti Kalimantan, Sumatera, dan Indonesia timur. Serta untuk pemenuhan kebutuhan telur lokal.

"Sementara ini kita masih kirim ke berbagai daerah, ke depan harapannya kita bisa mencukupi semua kebutuhan Jakarta," paparnya.

Sementara Sukarman ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Kabupaten Blitar mengatakan, pengiriman telur ayam dari Kabupaten Blitar ke DKI Jakarta ini dikelola koperasi peternak Putera Blitar. Untuk sementara pihaknya mengaku baru bisa memenuhi sebanyak 125 ton per bulan. Namun dalam waktu satu dua bulan ke depan suplai akan ditambah menjadi 250 ton per bulan.

"Pengiriman setiap bulanya akan ditambah sampai jadi 250 ton per bulan, dari produksi telur ayam anggota yang ikut dalam koperasi," jelas Sukarman.

Untuk diketahui, Kabupaten Blitar merupakan daerah sentra penghasil telur ayam nomer tiga se-Indonesia. Saat ini peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar sebanyak 4431. Dari jumlah tersebut, populasi ayam petelur saat ini mencapai 11 juta. (ina/rd)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...