Jumat, 19 Oktober 2018 23:53

Mendagri Kukuhkan Pakde Karwo Menjadi Ketua Umum APPSI Periode 2015-2019

Senin, 02 Juli 2018 14:56 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yudi Arianto
Mendagri Kukuhkan Pakde Karwo Menjadi Ketua Umum APPSI Periode 2015-2019
Mendagri Tjahjo Kumolo saat mengukuhkan para Pengurus APPSI yang diketuai oleh Pakde Karwo sekaligus Gubernur Jawa Timur.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur DR H Soekarwo dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2015-2019 di Hotel Borbudur Jakarta, Senin (2/7).

Dalam sambutannya, Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim mengatakan bahwa susunan pengurus yang dikukuhkan tersebut merupakan kelanjutan dari kepengurusan periode Syahrul Yakin Limpo.

Ke depan, Pakde Karwo akan menambahkan beberapa program yang perlu dilakukan oleh APPSI. Yakni, Seminar Nasional dan Penganugerahan APPSI Award.

Perlu diketahui, DR H Syahrul Yasin Limpo telah melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Umum APPSI kepada DR H Soekarwo pada tanggal 19 April 2018 lalu. Hal itu dilakukan karena berakhirnya masa jabatan Syahrul sebagai gubernur Sulawesi Selatan.

Berdasarkan SK Ketua Umum APPSI nomor SK-008/APPSI/V/2018 susunan pengurus APSSI periode sisa masa bhakti 2015-2019 adalah sebagai berikut:

1. Ketua Umum : DR. H. Soekarwo (Gubernur Jawa Timur)

2. Wakil Ketua Umum : Drs. H. Longki Djanggola, M.Si (Gubernur Sulawesi Tengah)

3. Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan : Prof. DR. Irwan Prayitno, P.Si, M.Si (Gubernur Sumatera Barat)

4. Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesra : Prof. H. Anies Baswedan, Ph.D (Gubernur DKI Jakarta)

5. Anggota / Koordinator Wilayah Jawa : DR. H. Wahidin Halim, M.Si (Gubernur Banten)

6. Anggota / Koordinator Wilayah Sumatera

: DR. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si (Gubernur Kepulauan Riau)

7. Anggota / Koordinator Wilayah Kalimantan : H. Sugianto Sabran (Gubernur Kalimantan Tengah)

8. Anggota / Koordinator Wilayah Sulawesi : Drs. H. Rusli Habibie, M.AP (Gubernur Gorontalo)

9. Anggota / Koordinator Wilayah Indonesia Timur : Drs. Dominggus Mandacan (Gubernur Papua Barat)

Sedangkan untuk Dewan Pertimbangan APPSI terdiri dari lima orang antara lain, Sri Sultan Hamengkubuwono X (Gubernur DI Yogyakarta), H. Erzaldi Rosman SE MM (Gubernur Kep. Bangka Belitung), H. Sahbirin Noor S.Sos MH (Gubernur Kalimantan Selatan), Olly Dondokambey SE (Gubernur Sulawesi Utara) dan Drs. Ali Baal Masdar M.Si.

Sementara untuk Ketua Dewan Pakar dijabat oleh Prof. M. Ryaas Rasyid MA, Ph.D serta bertindak sebagai anggota dewan pakar yakni Prof. Muchlis Hamdi, Prof. Bahtiar Effendi dan Dr. Aviliani.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, 34 Gubernur, Asisten dan Kepala Biro Pemerintahan se-Indonesia, 15 kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim dan 34 Perwakilan provinsi di Jakarta. (ian/dur)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...