Pilwali Kota Kediri, Petahana Menang Telak atas Dua Lawannya

Pilwali Kota Kediri, Petahana Menang Telak atas Dua Lawannya Petugas KPU Kota Kediri saat melakukan entry data di kantor KPU Kota Kediri. Foto: ARIF K/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pasangan Petahana Abdulah Abu Bakar-Lilik Muhibah meraih kemenangan telak di sejumlah TPS. Bahkan, di TPS dua kandidat lainnya yakni Aizudin-Sudjono dan Samsul-Teguh, perolehan suara petahana selisih cukup banyak.

Di TPS 1 Kelurahan Banjaran, Kecamatan Kota tempat petahana mencoblos, Paslon nomor 1 mendapatkan 36 suara, Paslon nomor 2 sebanyak 238, sedangkan Paslon nomor 3 sebanyak 34 suara.

Untuk di TPS 7 Kelurahan Burengan, Kecamatan Pesantren tempat Paslon nomor 1 menyalurkan hak suara, Paslon nomor 1 hanya mendapatkan 18, Paslon nomor 2 sebanyak 180 dan Paslon nomor 3 sebanyak 11 suara. 

Di TPS 1 Kelurahan Jagalan dimana Paslon nomor 3 menyalurkan hak suara, pasangan petahana juga menang mutlak, dengan rincian Paslon nomor 1 sebanyak 62, Paslon nomor 2 sebanyak 130, dan Paslon nomor 3 sebanyak 88 suara.

Sementara dari hasil hitung cepat KPUD Kota Kediri yang menggunakan metode aplikasi melalui smartphone, dengan cara mengentry langsung hasil dari perhitungan KPPS, Pasangan Petahana Abdulah Abu Bakar-Lilik Muhibah masih unggul dari kedua Paslon lain yakni Aizudin-Sudjono dan Samsul-Teguh.

Dari perhitungan sementara hingga pukul 18.00 dengan data yang masuk sebanyak 107 TPS dari 485 TPS, pasangan petahana meraup suara sebanyak 17.764 suara. Kemudian disusul oleh pasangan nomor 3 Samsul Ashar-Teguh Juniadi dengan perolehan suara 7.423 suara. Sedangkan Paslon nomor 1 Aizudin-Sudjono dalam posisi ketiga dengan perolehan suara sebanyak 6.191 suara.

Menurut salah satu Komisioner KPUD Kota Kediri Wahyudi, aplikasi ini dibuat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mengetahui hasil pilkada serentak Kota Kediri secara lebih cepat.

"Data hasil pilkada berdasarkan entry dari KPPS dan data model C1 ini merupakan hasil sementara dan bukan hasil final, jika ada kesalahan dalam entry KPPS akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya," terang Wahyudi.

Sementara itu diketahui untuk Daftar Pemilih Tetap Kota Kediri sebanyak 199.271. (rif/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO