Jelang Coblosan, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Cairkan Bantuan BUMdes di Pacitan

Jelang Coblosan, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Cairkan Bantuan BUMdes di Pacitan Menteri PDT dan Transmigrasi, Eko Sandjojo saat memberikan bantuan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sehari menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Jatim, sejumlah desa di Pacitan ketiban rezeki dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo. Rezeki yang diberikan berupa bantuan dana kepada beberapa kepala desa untuk peningkatan Badan usaha milik desa (Bumdes).

Dalam sambutannya, Eko merasa bangga karena Pacitan administratifnya sangat baik sehingga desa-desanya bisa mendapatkan bantuan-bantuan anggaran untuk pembangunan daerah dengan cepat.

"Kami dari kementerian sudah menyiapkan anggaran dana untuk pembangunan peningkatan desa. Dan pada Januari 2018 lalu anggaran tersebut sudah cair. Namun saat dana sudah ada justru banyak kota dan kabupaten yang belum siap untuk mengaksesnya karena belum memenuhi syarat administrasi. Sementara Pacitan sudah menyerap anggaran tersebut 100 persen," kata Eko Putro disela sambutannya di Desa Sirnoboyo, Selasa (26/06).

Selain mengunjungi Desa Sirnoboyo dan meresmikan Kartu Sirnoboyo Sehat (Kasih) rombongan menteri, Ketua DPRD Jatim, Bupati Pacitan beserta forkopimda, sebelumnya juga berkunjung ke Desa Gemahrajo untuk meninjau kegiatan padat karya tunai dan potensi daerah setempat. Serangkaian kunjungan pembantu presiden itu berakhir di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Dalam kunjungan tersebut Eko Putro Sandjojo memberikan bantuan dana untuk BUMDes masing-masing senilai Rp 50 juta. Di sela dialog bersama warga setempat, mantan bendahara umum dari Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menyempatkan diri beramah tamah dengan warga masyarakat serta menyelingi pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.

"Saya kasih hadiah, siapa nama ketua DPRD Jatim?," tanya Eko kepada warga desa Sirnoboyo. Karena warga tidak ada yang bisa menjawab akhirnya Eko Putro mempersilakan Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar untuk memperkenalkan diri dan memberi pertanyaan reward kepada masyarakat.

"Terima kasih pak menteri, saya Abdul Halim Iskandar, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur. Sekarang saya yang bertanya. Siapa nama Wakil Gubernur Jatim sekarang?," tanya Abdul kepada warga. Sontak, salah satu warga Sirnoboyo angkat tangan dan menjawab dengan lugas, "Gus Ipul."

Kunjungan menteri kali ini disambut baik oleh masyarakat. Bukan hanya di Desa Sirnoboyo, saat di Desa Gemaharjo pun menteri melakukan ramah-tamah dengan memberi pertanyaan kepada warga yang berhadiah uang Rp 6 juta. Dan bagi satu orang yang bisa menjawab dengan benar, masing-masing mendapatkan hadiah Rp 1 juta. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO