DPMD Bangkalan Kirim 30 Pelaku Ekonomi Kreatif Ikut Pelatihan di Jogja

DPMD Bangkalan Kirim 30 Pelaku Ekonomi Kreatif Ikut Pelatihan di Jogja Para pelaku ekonomi kreatif di Bangkalan ketika akan berangkat mengikuti pelatihan ke Yogyakarta.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melepas keberangkatan 30 pelaku ekonomi kreatif untuk mengikuti pelatihan pengembangan masyarakat desa yang digelar ) selama 4 hari (28-31 Agustus 2023) di Yogyakarta.

"Sebanyak 30 pelaku ekonomi kreatif terdiri dari pengurus BUMDes dan pelaku UMKM di akan mengikuti pelatihan pengembangan masyarakat desa di bidang ekonomi," kata Kabid Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan DPMD , Ali Yusri Purwanto, Minggu (27/8/2023).

Ia menyebut, pelatihan ini terlaksana setelah berkolaborasi dengan anggota Komisi V , , sebagai mitra kementerian terkait. Pasalnya, pelatihan bagi pelaku ekonomi kreatif di sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya di desa.

Menurut dia, pelatihan ini sulit terealisasi tanpa kolaborasi, mengingat anggaran dari APBD di sangat kecil. Oleh karena itu, Yusri meminta dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jatim.

"Saya berharap para peserta untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan, dengan ilmu yang didapatkan nanti bisa diwujudkan serta ditularkan kepada pelaku ekonomi kreatif lainnya di . Selain itu, jaga nama baik karena peserta juga ada dari 2 kabupaten/kota di Jawa Tengah," ungkapnya.

Sementara itu, menyatakan pelatihan ekonomi kreatif sangat bagus dalam rangka mendongkrak, dan menambah pengetahuan terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Pulau Madura.

"Dengan mengikuti pelatihan, mereka akan memiliki tambahan pengetahuan, serta dapat membantu masyarakat desa untuk menjadi produktif dalam hal memajukan desa, terutama dalam memajukan BUMDes di setiap desa," tuturnya kepada BANGSAONLINE.com.

"Dengan pelatihan ini, para pelaku ekonomi kreatif Madura mampu mengelola BUMDes, sehingga desanya menjadi mandiri dan berkembang, desa-desa di Madura khususnya di , nantinya mampu menambah PADes yang besar," pungkasnya. (uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO