Berikut Jalur yang Rawan Macet di Jombang

Berikut Jalur yang Rawan Macet di Jombang Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peringatan bagi pemudik atau penggunan jalan yang melintas di wilayah Kabupaten Jombang. Pasalnya, di Jombang, terdapat dua titik rawan macet, terutama di saat hari raya Idul Fitri. Dua titik rawan macet tersebut ada di jalan raya jurusan Madiun-Surabaya tepatnya di pintu keluar-masuk jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo), dan jembatan Kayen. Keduanya ada di wilayah Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Jombang.

Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto mengatakan, kemacetan disebabkan karena selain penyempitan jalur atau bottle neck yang terjadi di dua lokasi tersebut, juga dikarenakan padatnya volume kendaraan yang keluar masuk di gerbang tol Jomo. Demikian itu akan memperlambat laju kendaraan sehingga terjadi penumpukan kendaraan.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang pusatnya di Mengkreng, Kediri, Polres Jombang, membuat sejumlah pos lantas.

Menurut AKBP Fadli, kemacetan juga diprediksi semakin parah mengingat tidak jauh dari pintu keluar masuk tol Jomo merupakan simpang tiga Mengkreng, Kediri yang biasa disebut Bangjuri, yakni simpang tiga Kabupaten Jombang, Nganjuk, dan Kediri.

Di jalur tersebut, seluruh kendaraan dari tiga arah berlawanan akan bertemu dan tumpah menjadi satu, yang mengakibatkan kemacetan. Kondisi ini, lanjut kapolres, akan semakin parah mengingat di jalur tersebut terdapat dua lintasan kereta api yang jaraknya hanya sekitar satu kilometer. Untuk meminimalisir kemacetan, Kapolres Fadli mengimbau kepada para pemudik, agar menggunakan jalur alternatif yang ada.

Untuk melalui jalur alternatif ini, di sepanjang jalur tersebut rambu-rambu penunjuk arah juga sudah disiapkan petugas.

Sementara di jembatan Ploso, Jombang, jalur yang menghubungkan Jombang-Lamongan, juga bakal menjadi pusat kemacetan seperti pada mudik-mudik sebelumnya. Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, kata Fadli lagi, di dalam kota, seluruh Polsek Jajaran Polres Jombang disiagakan untuk melakukan pengalihan arus.

”Sehingga diharapkan tidak terjadi kemacetan. Pengguna jalan pun bisa lancar dan mengerti jalur alternatif. Dengan begitu, pemudik tidak sampai berjam-jam mengalami kemacetan,” kata AKBP Fadli Widiyanto, kepada awak media usai apel gelar pasukan operasi Semeru 2018 di lapangan Pemkab Jombang, Rabu (6/6/2018). (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO