Rabu, 17 Oktober 2018 04:48

​Ditemukan Tulisan Allah dan Ali di Makam Ras Viking

Rabu, 16 Mei 2018 22:19 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
​Ditemukan Tulisan Allah dan Ali di Makam Ras Viking
Tulisan Allah dan Ali. foto; aboutislam.com

LONDON, BANGSAONLINE.com - Ukiran berupa tulisan Arab "Allah"dalam kostum yang dikenakan Viking saat pemakamannya telah ditemukan oleh para peneliti di Swedia. Ini menyiratkan hubungan antara Viking dan Muslim. Bahkan, diduga yang dimakamkan adalah seorang muslim.

Menurut laporan BBC, berdasarkan penyelidikan baru terhadap pakaian yang diduga dari abad 9 dan 10 itu memunculkan wawasan adanya kontak antara suku-suku Nordik dan dunia Muslim. Pola yang dirajut dengan benang sutra dan perak ditemukan dengan ejaan kata "Allah" dan "Ali".

Arkeolog tekstil Annika Larsson dari Universitas Uppsala menemukan ini, saat memeriksa ulang sisa-sisa kostum penguburan dari kuburan pria dan wanita, yang digali di Birka dan Gamla Uppsala, di Swedia pada akhir abad ke-19 dan pertengahan ke-20.

Mulanya, Annika Larsson mengaku tidak mengerti tentang desain geometris berukuran 1,5 cm yang ditemukannya tersebut. “Saya tidak bisa memahami ukiran mereka, dan kemudian saya ingat di mana saya telah melihat desain serupa, yaitu di Spanyol, di tekstil Moor.”

Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa pola-pola itu bukan asli Viking, tapi berasal dari naskah Kufik Arab kuno, yang dikembangkan di Kufah, Irak pada abad ke-7.

"Setelah memperbesar huruf dan memeriksanya dari berbagai sudut, saya tiba-tiba melihat kata 'Allah' telah ditulis dengan huruf bolak balik."

Penemuan baru ini menimbulkan pertanyaan tentang asal mula penghuni kuburan. "Kemungkinan bahwa beberapa dari mereka di kuburan adalah Muslim," kata Larsson.

"Kami tahu dari penggalian makam Viking lainnya yang telah ditunjukkan analisis DNA beberapa orang yang terkubur di dalamnya berasal dari tempat-tempat seperti Persia, di mana Islam sangat dominan."

"Namun, kemungkinan besar temuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan pemakaman zaman Viking dipengaruhi oleh ide-ide Islam seperti kehidupan abadi di surga setelah kematian," tambahnya.

“Sekarang saya melihat pola Viking secara berbeda, saya yakin saya akan menemukan lebih banyak prasasti Islam di sisa fragmen dari penggalian ini, dan tekstil era Viking lainnya. Siapa tahu? Mungkin mereka muncul di artefak non-tekstil juga. ”

Koneksi antara dunia Muslim dan Viking sebelumnya telah diakui sejarah. Dua tahun lalu, para peneliti yang mengerjakan cincin perak dari sebuah makam perempuan di Birka menemukan frasa “untuk Allah” yang tertulis di batu itu. Naskah itu adalah Kufic juga.

Temuan ini unik, karena ini adalah pertama kalinya menemukan barang-barang yang bertuliskan 'Ali' di Skandinavia. "Nama Ali RA diulang lagi dan lagi di samping Allah," katanya.

"Saya tahu dia, Ali RA sangat dihormati oleh kelompok minoritas Muslim terbesar, Syiah, dan bertanya-tanya apakah ada hubungan." 

Sumber: aboutislam.net
Suparto Wijoyo
Kamis, 11 Oktober 2018 13:39 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DUKA menggumpalkan kisah sekaligus narasi cerita yang bersambung membalutkan tragedi lingkungan dan kemanusiaan yang tiada terperikan. Beribu-ribu orang yang menjadi korban gempa di Palu maupun Donggala menyayatkan perihnya l...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...