Belum Dibersihkan, Akses Jalan Menuju Patok Koang Masih Buntu

Belum Dibersihkan, Akses Jalan Menuju Patok Koang Masih Buntu Kondisi akses jalan yang buntu tertutup longsoran namun belum dibersihkan. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Akses jalan menuju Patok Koang lingkungan Tamperan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten , sampai detik ini belum bisa dilalui kendaraan, terutama roda empat. Meski bukan destinasi wisata, namun jalur tersebut sering dilalui masyarakat untuk menuju jalan buntu tepian pantai yang biasa dipergunakan sebagai wisata alternatif.

Pantauan wartawan di lapangan, jalur itu buntu lantaran ada sebuah pohon jati milik Perum Perhutani yang tumbang saat musibah banjir dan tanah longsor, November tahun lalu. Namun demikian, hingga detik ini belum ada upaya pembersihan.

Masyarakat sendiri tak berani melakukan pembersihan, lantaran sebatang pohon itu milik negara dan evakuasinya memerlukan proses birokrasi.

Menurut Sutikno, salah seorang warga yang melintas di titik lokasi tersebut, seharusnya pemerintah kabupaten segera melakukan langkah koordinasi dengan pihak terkait, utamanya Perum Perhutani. Mengingat, di kawasan itu berbatasan dengan hutan negara.

"Namun kalau soal jalan, ini jalan kabupaten. Sebab pemkab yang melakukan kegiatan peningkatan jalan dengan pengaspalan," ujarnya, Kamis (10/5).

"Sekalipun bukan akses menuju destinasi wisata, jalan tersebut juga terbilang urgent lantaran ada menara early warning sistem yang terpasang di bawah jalan buntu tersebut. Sebaiknya pemkab segera melakukan pembersihan agar akses jalan itu bisa kembali dilalui," tukasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO