Minat Baca Warga Banyuwangi Diklaim Tinggi, Pengunjung Perpus Capai 1.410.088 Orang

Minat Baca Warga Banyuwangi Diklaim Tinggi, Pengunjung Perpus Capai 1.410.088 Orang Kepala Bidang (kabid) Perpustakaan Banyuwangi Fitrin Kuntartini.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Minat pembaca di diklaim oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat sangat tinggi. Hal ini dilihat dari data pengunjung yang masuk, bahwa ada 1.410.088 orang yang mengunjungi perpustakaan. 

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Fitrin Kuntartini, S.Sos M.Si saat dikonfirmasi di kantornya mengatakan, data ini didapat dari sistem elektronik untuk semua pelayanan yang mulai diterapkan sejak tahun lalu.

"Seperti pelayanan dari e-katalog. Kartu anggota dan sistem peminjaman buku koleksi semuanya bisa diakses lewat internet. Dengan sistem online pekerjaan semakin mudah, praktis dan cepat," terangnya. 

Kabid yang akrab disapa Fitrin ini menambahkan, Dinas Perpustakaan juga membuka layanan pembaca keliling dengan mobil yang standby tiap malam di area wisata Taman Sritanjung dan waktu car free day (CFD) di Taman Blambangan saat Minggu pagi. 

"Perpustakaan sudah memiliki 573.732 koleksi buku dengan judul yang ada sebanyak 376.661. Buku-buku yang ada antara lain buku sejarah banyuwangi, kamus bahasa osing, buku sastra, biografi, ekonomi, sejarah dan lain-lain," jelasnya.

Selain itu, Fitrin mengaku sudah melakukan kerjasama dengan PT Coca-cola dengan mengadakan pelatihan computer berbasis internet yang dilaksanakan di setiap rumah baca yang ada di kecamatan. (gda/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO