Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Malang Segera Bangun RS PMI

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Malang Segera Bangun RS PMI Bupati Malang Rendra Kresna saat sambutan di Kantor PMI.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berniat segera membangun Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (RS PMI).

Hal itu disampaikan Bupati Malang, Rendra Kresna, saat ditemui seusai peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2018, di markas PMI di Kebon Agung Kabupaten Malang.

"Untuk mewujudkan RS PMI merupakan sebuah kebutuhan, karena apa? Pihak PMI sendiri telah memiliki tanah dengan cara mengangsur yang akan dipergunakan untuk membangun sebuah Rumah Sakit,” ungkapnya.

Hal ini sudah bukan wacana, tapi sudah tahap realisasi dan tanah yang bakal dibangun untuk RS PMI tersebut terletak di kawasan Jalibar Kepanjen. Meski demikian, kapan waktunya untuk pembangunan masih belum bisa dipastikan.

Memang untuk pembangunan sebuah rumah sakit bukanlah hal mudah, butuh proses kajian dan analisa yang cermat terkait dengan Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan).

Belum lagi sarana penunjang, baik sumber daya manusia maupun infrastrukturnya.

Mengenai pembiayaan untuk pembangunan RS PMI, Rendra mengaku belum menyusun perencanaannya atau RAP-nya (Rencana Anggaran Pembangunan).

"Tetapi kita akan meminta bantuan ke pusat maupun pihak lain yang peduli, bisa juga bantuan dari pihak swasta,” tambahnya.

Saat ini yang memiliki RS PMI di Indonesia baru ada satu yakni yang ada di Bogor. Bila nantinya terwujud untuk RS PMI Kabupaten Malang akan menjadi yang kedua. (thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO