Zul Hasan: PAN Belum Tentukan Arah Koalisi untuk Pilpres 2019

Zul Hasan: PAN Belum Tentukan Arah Koalisi untuk Pilpres 2019 Zul Hasan disambut kader PAN saat berkunjung ke Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu ribuan kadernya di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Senin (23/04/2018). Dalam kesempatan itu, Zul Hasan menyatakan jika saat ini PAN belum ketok palu terkait dengan koalisi pada Pilpres 2019.

"Saat ini PAN masih membuka pintu koalisi terhadap partai manapun," ungkap Zulkifli Hasan, Senin (23/04/2018).

Menurut dia, PAN jelas mengusung kadernya. Namun melihat kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk maju tanpa koalisi dengan parpol lain. Karena syarat mencalonkan presiden-wakil presiden minimal harus 20 persen dari kursi yang diperoleh di DPR.

PAN sendiri dengan jumlah 8 persen kursi jelas membutuhkan koalisi agar bisa mengusung calon. "Secara jumlah kursi kita jelas kurang, namun yang pasti kami jelas mengusung kader terbaik PAN," papar Zul Hasan.

Terkait arah dukungan terhadap Jokowi atau Prabowo, saat ini Zul Hasan juga menjelaskan jika partai masih mempertimbangkannya. Belum ada keputusan PAN akan berlabuh ke Jokowi atau dengan Prabowo. "Bisa dengan pak Prabowo, bisa dengan pak Jokowi. Tergantung dengan nanti gimana bentuk koalisinya. Kemungkinan bulan depan baru ada jawaban," jelasnya.

Sementara ditanya namanya yang santer masuk bursa Cawapres untuk Jokowi, ia menganggap hal itu sebagai sebagai sebuah kehormatan baik untuk dirinya serta PAN. "Itu sebuah kehormatan," jawab Zul Hasan singkat.

Pantauan di lapangan, puluhan spanduk bertuliskan "Zul Hasan Presiden" bertebaran di lokasi pertemuan kades PAN di Ponggok, Blitar. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO