Plengsengan Sungai Sadar Kritis, Sejumlah Titik Jebol

Plengsengan Sungai Sadar Kritis, Sejumlah Titik Jebol Pengerukan sungai Sadar dan kondisi plengsengan yang semakin kritis.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah titik plengsengan Sungai Sadar yang melintasi Kota dalam kondisi kritis. Padahal, bedeng beton tersebut menjadi satu-satunya penahan banjir di kawasan Lingkungan Tropodo dan Kuti Kelurahan.

Rusaknya beton penahan tanggul tersebut tampak sejak berjalannya proyek normalisasi sungai yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas sejak dua pekan terakhir. Pengerukan sedimentasi setinggi kurang lebih 2 meter yang menutupi plengsengan membuat buruknya kondisi plengsengan jadi terbuka.

Sebelumnya diberitakan pekerjaan pengerukan senilai Rp 350 miliar ini telah membuat ambrol plengsengan di daerah tersebut. Ambrolnya plengsengan itu mencapai sekitar 20 meter lebih.

"Bisa njenengan lihat sendiri, plengsengannya sudah tua Mas. Jadi banyak yang rusak," ungkap Ibnu seorang pekerja pengerukan, Selasa (17/4).

Ia mengaku serba salah dengan kondisi ini. "Kalau dikeruk lebih dalam lagi, maka plengsengannya bisa ambrol," katanya.

Kerusakan ini membuat warga setempat cemas. "Banyak yang rusak, kami berharap plengsengan yang rusak segera dibenahi agar tidak banjir," harap Ulil Prasetya tokoh warga setempat.

Menurut ia, terakhir plengsengan tersebut dibangun sekitar tahun 2004 silam. Karena menjadi langganan banjir, pemkot setempat membuat tebeng air. "Jamannya Pak Gani dulu dibangun sehingga lingkungan Meri, terutama daerah perumahan tidak pernah lagi banjir," ungkapnya.

Ditemui sebelumnya, fasilitator proyek BBWS Harlistyati mengatakan pihaknya akan menjadi penengah terkait dampak proyek tersebut. "Kita fasilitasi agar tidak ada yang dirugikan terkait pelaksanaan pengerukan sungai Sadar," katanya.

Ia juga berharap pihai BBWS akan memperbaiki plengsengan yang ambrol diduga akibat pengerukan. "Pihak BBWS tetap kita minta untuk membenahi kerusakan tanggul tersebut," pungkasnya. (yep/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO