Sabtu, 11 Juli 2020 12:10

​Tanam Gotchi, Aplikasi Bercocok Tanam Hidroponik, Selada Pun Bisa Diajak Omong

Minggu, 08 April 2018 21:26 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: -
​Tanam Gotchi, Aplikasi Bercocok Tanam Hidroponik, Selada Pun Bisa Diajak Omong
Bercocok tanam hidroponik dengan aplikasi berbasis android. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Rifqi Nabila Zufar mahasiswa Unesa jurusan S1 Teknik Elektro angkatan 2015 mengembangkan media tanam hidroponik yang bisa dioperasikan lewat ponsel pintar.

Rifqi bersama dua orang temannya Rizzal Aulia Ramadhan dan Wildan Halimi, keduanya berasal dari jurusan Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2015 membuat media tanam hidropnik yang diberi nama Tanam Gotchi.

Tanam Gotchi sendiri merupakan sebuah media tanam hidroponik yang berbasis internet of thing atau internet untuk segalanya. Media tanam gotchi dapat diawasi dan dikontrol langsung oleh pemilik melalui smartphone.

Latar belakang dibuatnya aplikasi Tanam Gotchi ini karena menurut Rifqi jumlah petani di Indonesia semakin berkurang dan berbanding lurus dengan berkurangnya lahan untuk budidaya tanaman. Itu juga disebabkan karena berkurannya sumber daya yang ingin menjadi petani,

“Anak-anak jaman sekarang banyak yang bercita-cita jadi dokter, guru, pengusaha, tapi tidak ada yang bercita-cita jadi petani. Mereka beranggapan bahwa menjadi petani itu sulit,” ungkap Rifqi, Kamis (5/4/2018).

Menurut Rifqi potensi pertanian di indonesia sangatlah besar. “Ada istilah jika sebuah batang ditancapkan di tanah Indonesia bisa menjadi tanaman. Nah, dari situ kami bermaksud mengedukasi anak-anak terkait budidaya tanaman dengan mudah dan menarik,” jelasnya.

Penggunaan nama Tanam Gotchi pada produknya ternyata Rifqi dan kawan-kawannya terinspirasi dari sebuah game asal jepang yang bernama tamagotch. Game tersebut memiliki desain permainan berbentuk peliharaan digital (digital pet).

“Kami terinspirasi dari game tamagotchi karena dalam tanam gotchi sendiri memiliki gameplay yang sama yaitu digital pet. Namun bedanya, dalam produk kami user atau pengguna juga disajikan sebuah objek nyata yang dapat dipelihara yakni sebuah tanaman,” papar Risqi.

Media dan aplikasi karya Rifqi dan kawan-kawan ini sudah mulai pemasaran melalui media sosial dan benerapa sekolah Green School. Segmen pasarannya sendiri mencakup usia anak hingga remaja dengan rentang usia 13-20 tahun.

Keunggulan dari produk Tanam Gotchi sendiri di antaranya adalah berbasis IOT atau internet of things. Dengan basis internet of thinks ini membuat pengguna dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan tanaman dimanapun dan kapanpun. Yang kedua adalah bentuk produk Tanam Gotchi ini berupa media dan aplikasi, sehingga pengguna dapat bermain dengan aplikasi yang berbentuk animasi di smartphone dan juga ada tanaman nyata yang ikut digerakkan dalam permainan tersebut. Ketiga, aplikasi Tanam gotchi dapat diperintah suara, dalam alat digunakan speech recognition sehingga pengguna juga dapat berkomunikasi dengan tanaman.

Ditanya menenai harapan, Rifqi menjelaskan dapat diproduksi secara massal dan dapat dijadikan modul pelatiahn menanam hidroponik di sekolah seluruh indonesia. "Kami harap juga sistem alat ini dapat dikembangkan untuk kendali otomatis pada budidaya tanaman hiroponik berskala bisnis," jelas Rifqi. (*)

Sumber: *Nindy A N P
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...