Diskominfo Gresik Ajari Ibu PKK Berinternet yang Sehat

Diskominfo Gresik Ajari Ibu PKK Berinternet yang Sehat Kadis Kominfo Budi Raharjo saat mengajari ibu-ibu PKK berinternet. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Kominfo (Diskominfo) Gresik mengajari ibu PKK berinternet. Langkah ini untuk membentengi ibu PKK agar tak mudah terpengaru informasi negatif yang diakibatkan media sosial.

"Menggunakan Facebook, Instagram, WA, Twitter, Line, Blackberry Massenger dan banyak media sosial lain kalau tidak hati-hati akan banyak menimbulkan masalah. Kalau tidak hati-hati kadang bisa menimbulkan perselisihan, kekacauan dan kita berurusan dengan hukum terkait UU ITE. Bahkan kadang banyak data tentang diri kita yang sifatnya pribadi akan terekspose," ujar Kepala Dinas Kominfo Budi Raharjo saat membuka acara fasilitasi pengenalan internet sehat bagi kalangan ibu rumah tangga di Gedung Putri Mijil, Komplek Pendopo Bupati Gresik, Kamis (29/3/2018).

Dia mengingatkan para ibu agar menjaga anak-anaknya ketika menggunakan gadget. "Jangan seperti yang selama ini pernah terjadi dan videonya viral tentang seorang anak yang sedang membuka konten pornografi disamping ibunya. Sementara ibunya tidak menyadari. Ini sungguh ironi," jelasnya.

"Peringatan ini bukan berarti agar menjauhkan anak dari internet, tapi orang tua terutama ibu harus mendampingi dan hati-hati. Terutama saat menyimpan konten dewasa tidak di HP yang kadang dibuka juga oleh anak. Marilah kita bersama bertekad, yaitu internet sehat dimulai dari saya," ajaknya.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi Informatika (BPSDMP) UPT Kementerian Kominfo, serta Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Sementara Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gresik, Maria Ulfa Sambari meminta agar para ibu di Kabupaten Gresik berperan besar dalam kemajuan pendidikan anak-anaknya. “Intinya, anak jangan sampai dilarang menggunakan teknologi yang nantinya akan membuat anak gagap teknologi. Orangtualah yang harus mendampingi dengan menguasai teknologi,” ujarnya.

Kepala Seksi Penelitian, Komunikasi, dan Informatika BPSDMP UPT Kementerian Kominfo, Supandi Darmanto menambahkan bahwa internet akan memberikan banyak manfaat apabila kita menggunakannya dengan bijaksana.

"Misalnya bagi pelajar bisa mencari materi pelajaran serta berinteraksi dalam hal tugas pelajaran. Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet (cyber ethic)," imbaunya.

Melalui Bimtek literasi internet sehat ini, diharapkan para ibu-ibu peserta bisa menjadi insan yang cakap, sehingga bisa memahami, mengerti tentang penggunaan internet sehat. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO