Pangarmatim Resmikan Gedung Sanggar Seni Jala Setya Kinarya

Pangarmatim Resmikan Gedung Sanggar Seni Jala Setya Kinarya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJAT) Ibu Retno Didik Setiyono, meresmikan Gedung Seni Jala Setya Kinarya, bertempat diruang Media Center Koarmatim, Surabaya, Selasa (13/03/2018).

Mengawali acara, Pangarmatim di dampingi KDJAT melaksanakan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Komandan Denma Koarmatim Letkol Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos., dilanjutkan dengan menekan tombol sirene tanda diresmikannya Gedung Sanggar Seni Jala Setya Kinarya yang kemudian dilanjutkan dengan pemotongan rangkaian bunga. Adapun hiburan dalam acara ini ditampilkan kolintang, nyanyi dan tari remo yang ditampilkan dari Ibu-ibu Jalasenastri.

Dalam amanatnya, Pangarmatim menyampaikan kesenian merupakan warisan budaya leluhur bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan, layaknya sebuah maha karya agung suatu bangsa, budaya tersebut dari masa ke masa terus berkembang dan menjadi media pendidikan, penerangan, dakwah, pemahaman filsafat dan hiburan masyarakat.

Namun saat ini bagi sebagian besar generasi muda seni budaya merupakan hal yang berkesan kuno sehingga hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas saja seperti pecinta seni dan kalangan budayawan saja, padahal di tangan pemudalah masa depan kelangsungan identitas dan budaya kebanggaan bangsa mampu untuk kita pertahankan.

Gedung kesenian Jala Setya Kinarya Koarmatim merupakan alih fungsi dari gedung media center yang sebelumnya berfungsi sebagai pusat sarana informasi sosial media baik dalam negeri maupun luar negri.

"Perlu kita ketahui saat ini Koarmatim belum mempunyai gedung pusat kesenian dan kebudayaan sendiri. Peresmian gedung ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan fasilitas sanggar kesenian sebagai wadah bagi prajurit dan ibu-ibu Jalasenastri untuk mengembangkan kreatifitas di bidang kesenian dan sekaligus sebagai sarana untuk menyiapkan kesenian dalam kegiatan nasional di lingkungan Koarmatim," ujar Pangarmatim.

Diresmikannya gedung ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan bakat-bakat yang ada, juga menjadi kebanggaan tersendiri serta memelihara kelestarian budaya yang ada. Penggunaan sarana sanggar kesenian Jala Setya Kinarya merupakan upaya prajurit beserta ibu-ibu Jalasenastri untuk melestarikan budaya kesenian Indonesia di lingkungan Mako Koarmatim.

"Selain itu juga sebagai sarana untuk berkumpul, berdiskusi dan saling komunikasi dalam menumbuh kembangkan bakat-bakat yang ada serta menciptakan kegiatan-kegiatan positif bagi Jalasenastri, khususnya di bidang kesenian dan harapannya diresmikannya gedung kesenian ini, akan lahir jiwa-jiwa seni di lingkungan Mako Koarmatim," harapnya.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Kasarmatim, Danguspurlatim, Irarmatim, para Asisten Pangarmatim, para Kasatker Koarmatimserta segenap Pengurus Daerah Jalasenastri Armatim. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO