​Investasi Digenjot, Infrastruktur Jalan di Gresik Rusak Parah

​Investasi Digenjot, Infrastruktur Jalan di Gresik Rusak Parah Wakil Ketua DPRD Gresik Moh Syafi' AM menyatakan infrastruktur jalan di Gresik rusak parah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kebijakan Pemkab di bawah kepemimpinan Bupati Sambari Halim Radianto menggenjot inventasi masuk di Kabupaten tak berbanding lurus. Betapa tidak, di saat investasi gencar masuk ke ternyata infrastruktur berupa jalan tak memadahi.

Dampaknya, jalan kelas III yang hanya mampu menahan beban kendaraan seberat 8 ton dilalui kendaraan dengan tonase hingga 20 bahkan 80 ton. Akibatnya parah.

Wakil Ketua DPRD Moh Syafi' AM membenarkan bahwa jalan kabupaten yang ada di zona-zona industri, pergudangan dan perdagangan tak layak dilalui kendaraan besar yang keluar masuk membawa bahan dan hasil produk industri.

"Rata-rata jalan kabupaten kelas III yang mampu hanya dilalui kendaraan bertonase 8 ton. Tapi faktanya dilalui kendaraan dengan tonase 20 bahkan 40 ton. Makanya cepat jebol dan rusak parah," ujarnya.

Dia mengakui kalau kebijakan Pemkab menggenjot investasi di Kabupaten tak berbanding lurus dengan sarana dan prasana yang harus disediakan. Dia mencontohkan jalan. Rata-rata jalan di wilayah yang rencana tata ruang wilayahnya (RTRW) industri, kelas jalannya hanya kelas III. Karena itu, jalan-jalan yang berada di areal industri tersebut kondisinya rusak parah.

Ironinya, kata Syafi', Pemkab belum bisa secara keseluruhan memperbaiki kerusakan jalan tersebut karena terkendala anggaran. "Solusinya, Pemkab akhirnya memportal jalan kabupaten agar tak dilalui kendaraan bertonase melebihi kelas jalan," jelas politikus asal Balongpanggang ini.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO