Minggu, 21 April 2019 02:14

Bupati Kediri Kenalkan Durian Slumbung

Selasa, 20 Februari 2018 19:39 WIB
Wartawan: Arif Kurniawan
Bupati Kediri Kenalkan Durian Slumbung
Bupati Kediri saat mengenalkan durian lokal asal Slumbung kecamatan Kandangan. Foto: DINAS KOMINFO

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Durian, siapa yang tak kenal buah yang satu ini. Banyak orang menyebut buah ini sebagai raja buah. Bukan tanpa alasan, karena buah ini memang ditasbihkan sebagai yang terlezat.

Di Kabupaten Kediri terdapat salah satu daerah yang menjadi sentra penghasil durian. Tidak hanya satu varietas saja namun beberapa macam jenis durian yang rasa enaknya masing-masing sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Adalah Dusun Slumbung, Desa Mlancu, Kecamatan Kandangan. Daerah ini sejak dulu dikenal sebagai surga buah durian yang banyak dijadikan tempat kulakan pedagang untuk dijual lagi di Krian, Jombang, Mojokerto dan Surabaya. Satu hal yang mendasar menjadi standar kualitas durian Slumbung adalah durian ini masak pohon. Sehingga terjamin lezat dan sehat.

Minggu lalu Menjadi hari istimewa bagi seluruh warga Dusun Slumbung. Karena pada hari ini mereka guyub rukun mengadakan acara icip durian Slumbung.

Tidak tanggung-tanggung sebanyak 300 durian dibagikan secara gratis kepada seluruh pengunjung. Durian tersebut dibentuk sebuah tumpeng setinggi 4 meter dengan diameter 3 meter.

Kasun Slumbung, Mulyono, mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan kepada wilayah lain mengenai potensi durian Slumbung. Selain itu juga menjadi langkah awal menjadikan wilayah Slumbung sebagai agrowisata durian.

"Bila dahulu durian hanya dibeli tengkulak, harapannya kini pecinta durian bisa datang langsung kesini menikmati durian slumbung yang dijamin enak dan jenisnya variatif. Yang pada akhirnya meningkatkan harga jual dan kesejahteraan petani durian," terang bapak dua anak ini.

"Harga dijamin murah mulai 12 ribu sampai yang besar harga 50 ribu. Selain itu juga mengenalkan kepada pengunjung potensi kami seperti kripik bothe, rambutan, manggis, susu segar dan lain sebagainya." tambahnya.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, yang juga hadir dalam kesempatan ini mengungkapkan apresiasinya terhadap acara ini. Beliau berharap keberadaan varietas durian ini dapat didaftarkan benihnya sehingga bersertifikat.

"Selain menjual buah dan olahan produk durian tentu perlu diperhatikan keberadaan sertifikat bibit. Sehingga lebih memberi nilai positif bagi nama Slumbung semakin dikenal lalu harganya bagus." tuturnya.

"Karena durian ini enak pasti akan dicari untuk ditanam. Nah perlu kita amankan dan ambil keuntungan dari setiap bibit yang dijual." tandasnya. (adv/rif) 

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...