Senin, 19 Agustus 2019 07:27

Bupati Kediri Kenalkan Durian Slumbung

Selasa, 20 Februari 2018 19:39 WIB
Wartawan: Arif Kurniawan
Bupati Kediri Kenalkan Durian Slumbung
Bupati Kediri saat mengenalkan durian lokal asal Slumbung kecamatan Kandangan. Foto: DINAS KOMINFO

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Durian, siapa yang tak kenal buah yang satu ini. Banyak orang menyebut buah ini sebagai raja buah. Bukan tanpa alasan, karena buah ini memang ditasbihkan sebagai yang terlezat.

Di Kabupaten Kediri terdapat salah satu daerah yang menjadi sentra penghasil durian. Tidak hanya satu varietas saja namun beberapa macam jenis durian yang rasa enaknya masing-masing sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Adalah Dusun Slumbung, Desa Mlancu, Kecamatan Kandangan. Daerah ini sejak dulu dikenal sebagai surga buah durian yang banyak dijadikan tempat kulakan pedagang untuk dijual lagi di Krian, Jombang, Mojokerto dan Surabaya. Satu hal yang mendasar menjadi standar kualitas durian Slumbung adalah durian ini masak pohon. Sehingga terjamin lezat dan sehat.

Minggu lalu Menjadi hari istimewa bagi seluruh warga Dusun Slumbung. Karena pada hari ini mereka guyub rukun mengadakan acara icip durian Slumbung.

Tidak tanggung-tanggung sebanyak 300 durian dibagikan secara gratis kepada seluruh pengunjung. Durian tersebut dibentuk sebuah tumpeng setinggi 4 meter dengan diameter 3 meter.

Kasun Slumbung, Mulyono, mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan kepada wilayah lain mengenai potensi durian Slumbung. Selain itu juga menjadi langkah awal menjadikan wilayah Slumbung sebagai agrowisata durian.

"Bila dahulu durian hanya dibeli tengkulak, harapannya kini pecinta durian bisa datang langsung kesini menikmati durian slumbung yang dijamin enak dan jenisnya variatif. Yang pada akhirnya meningkatkan harga jual dan kesejahteraan petani durian," terang bapak dua anak ini.

"Harga dijamin murah mulai 12 ribu sampai yang besar harga 50 ribu. Selain itu juga mengenalkan kepada pengunjung potensi kami seperti kripik bothe, rambutan, manggis, susu segar dan lain sebagainya." tambahnya.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, yang juga hadir dalam kesempatan ini mengungkapkan apresiasinya terhadap acara ini. Beliau berharap keberadaan varietas durian ini dapat didaftarkan benihnya sehingga bersertifikat.

"Selain menjual buah dan olahan produk durian tentu perlu diperhatikan keberadaan sertifikat bibit. Sehingga lebih memberi nilai positif bagi nama Slumbung semakin dikenal lalu harganya bagus." tuturnya.

"Karena durian ini enak pasti akan dicari untuk ditanam. Nah perlu kita amankan dan ambil keuntungan dari setiap bibit yang dijual." tandasnya. (adv/rif) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...