Tanya-Jawab Islam: Ingin Bertaubat dari Barang Haram, Bagaimana Caranya?

Tanya-Jawab Islam: Ingin Bertaubat dari Barang Haram, Bagaimana Caranya? Dr. KH. Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr wb Kiai yang terhormat, saya mau bertanya, Apa kah tobat kita diterima tapi di dalam rumah kita ada barang curian? Kita akan membeli barang, tapi barang itu digunakan untuk khalayak, lalu barang itu kita ambil tanpa sepengetahuan orang lain, tapi kita sudah membayar barang tersebut apakah itu termaksud mencuri? (Resky, Indonesia)

Jawaban:

Apa yang Saudara lakukan semoga menjadi awal cahaya Allah untuk memberikan hidayah-Nya kepada Saudara. Niat untuk bertaubat saja sudah merupakan satu pahala, dan taubat sendiri itu juga dijanjikan satu pahala kebaikan kembali. Semoga Saudara dapat istiqomah dalam jalan baik ini.

Di antara syarat taubat adalah meninggalkan semua dosa yang ada, terutama dosa yang ia lakukan selama ini. Syarat ini menjadi mutlak harus dilakukan; meninggalkan doa tersebut. Maka, jika Saudara bertaubat dari menggunakan barang-barang haram, maka kembalikan barang-barang tersebut kepada pemiliknya atau bayar harga barang tersebut sesuai dengan harga di pasaran.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO