Sambung Sejarah, Cucu Bung Karno Kunjungi Makam Mbah Kholil Bangkalan

Sambung Sejarah, Cucu Bung Karno Kunjungi Makam Mbah Kholil Bangkalan Puti yang hadir bersama Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu tampak khusyuk berkirim doa untuk ulama besar yang menjadi guru banyak kiai tersebut. Foto: IST

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Mengenakan kerudung merah, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur berziarah ke makam Mbah Kholil, sapaan Syaikhona Kholil di kompleks Masjid Syaikhona Kholil, Desa Martajasah, Bangkalan, Sabtu (20/1). 

Puti yang hadir bersama Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu tampak khusyuk berkirim doa untuk ulama besar yang menjadi guru banyak kiai tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan berziarah di makam Syaikhona Kholil, berdoa sekaligus berikhtiar menyerap keteladanan beliau. Ini pesan khusus ayah saya, Pak Guntur, untuk berziarah di sini, karena kita semua tahu bahwa tanpa peran ulama, Indonesia mungkin hanya tinggal cerita masa lalu,” kata Puti.

Puti mengatakan, Syaikhona Kholil adalah sosok ulama yang rela berkorban untuk umat dan bangsa. Syaikhona Kholil juga guru dari banyak ulama besar yang berperan signifikan dalam perjalanan bangsa.

“Dari didikan beliau, lahir banyak ulama dan pejuang keindonesiaan. Keteladanan dan kedalaman ilmu beliau menyebar ke banyak daerah, membentuk kultur di daerah-daerah tersebut menjadi lebih religius, teduh, penuh kebaikan,” ujar dosen tamu Asia Jepang Research Center, Kokushikan University Jepang ini.

“Sudah seharusnya keteladanan beliau menjadi pijar bagi kita untuk meneguhkan kerja-kerja gotong royong agar kita semua makin baik, makin maju, makin bermanfaat bagi sesama,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO