Dapat Respon Positif, Kasal Kunjungi SMA Taruna Nala di Malang

Dapat Respon Positif, Kasal Kunjungi SMA Taruna Nala di Malang Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, saat berkunjung ke SMA Taruna Nala di Telogowaru Kota Malang, Rabu (17/1).

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Staf (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi berkunjung ke SMA Taruna Nala di Telogowaru Kota Malang, Rabu (17/1). Kunjungan itu dimaksudkan untuk melihat secara langsung perkembangan sekolah yang diresmikan Presiden Jokowi pada Juni tahun lalu itu.

"Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang besar ini, tenaga kerja di bidang kemaritiman hanya 1 persen atau setara dengan 2,5 juga saja. Padahal semestinya dengan luas wilayah laut kita, kita harus punya tenaga kerja sekitar 25 juta orang dengan harapan dunia kemaritiman kita akan menjadi kuat," jelas Ade di hadapan para guru dan wartawan.

Oleh karenanya, ke depan pihak akan membangun 10 sekolah berbasis Ketarunaan agar dapat menguasai ilmu kelautan dan kemaritiman di beberapa wilayah seperti, Semarang, Belawan, Bali, Papua, Menado, Surabaya, Jakarta dan sebagainya.

Selain itu Kasal juga berharap agar generasi muda akan memiliki dan pola pikir tantang kemaritiman tanpa campur tangan pihak asing, untuk mengelola laut Indonesia yang sangat luas ini.

"Untuk itu sesua harapan presiden generasi kita harus kuat sebagai pejuang tanpa kenal menyerah, sehingga kekayaan laut kita akan kita kuasai dan bukan lagi dapat dimanfaatkan oleh pihak asing," tegasnya.

Ia juga meminta kepada seluruh siswa taruna kemaritiman ini, tidak ada alasan tidak bisa berenang. Bila perlu setiap kenaikan tingkat harus diuji juga tentang kecakapan dalam berenang. "Kita semua tahu bahwa nenek moyang kita dulu adalah seorang pelaut. Lha sekarang ini cucu-cucunya ada yang jadi wartawan dan lain-lain," kelakarnya.

Dalam kunjungannya kali ini Kepala Staf didampingi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Kunjungannya kali ini juga disebutkan bahwa ternyata perkembangan sekolah tersebut cukup bagus dan respon positif dari masyarakat juga luar biasa. (thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO