Khofifah-Emil Siap Lanjutkan Program Pakde Karwo

Khofifah-Emil Siap Lanjutkan Program Pakde Karwo

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berjanji jika terpilih akan melanjutkan program Gubernur Jawa Timur Soekarwo untuk memberikan kredit lunak kepada para petani. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Jawa Timur bekerja di sektor pertanian.

"Bagaimana Pakde Karwo ingin bergerak pada kebijakan afirmatif. Sebagaimana contoh 55 persen ekonomi Jatim adalah UMKM. Hanya 3 persen kredit lari ke sektor pertanian, di situlah Pakde membuat loan agreement untuk membesar kredit untuk pertanian. Itu yang akan kita lanjutkan," katanya, Selasa (16/1).

Bupati Trenggalek ini mengatakan, selain kredit untuk sektor pertanian, Khofifah-Emil juga akan melanjutkan program pengentasan kemiskinan seperti Jalin Matra. Program Soekarwo itu sebagian juga tercantum dalam Visi Misi pasangan Khofifah-Emil.

"Sebagai contoh Jalin Matra untuk pengentasan kemiskinan. Bisa diperkuat lagi dengan jajaring bu Khofifah dan Muslimat. Walaupun bukan hanya untuk Muslimat tetapi bisa semakin solid karena konsep 2,5 juta per KK untuk perempuan bisa lebih efektif kalau kolektif," imbuh Emil. 

Suami artis Arumi Bachsin ini melanjutkan, pada tahun 2017 lalu, Pemprov Jatim dengan bank Jatim melakukan loan agreement sebesar Rp 400 miliar untuk memberikan kredit pada sektor pertanian. Petani dan sektor UMKM bisa mengambil pinjaman maksimal Rp 20 juta, dengan bunga 9 persen pertahun.

"Saya dan Bu Khofifah sudah berkomitmen, yang lama dan sudah baik akan kami lanjutkan dan sesuatu yang baru dan lebih baik akan dilaksanakan. Jadi program Pakde Karwo yang sudah bagus tentu kita akan lanjutkan, " pungkas Emil. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO