Selasa, 21 Januari 2020 10:34

Bentuk Gakumdu, Panwaslu MoU bersama Kejari dan Polres Situbondo

Kamis, 11 Januari 2018 00:10 WIB
Wartawan: Mursidi
Bentuk Gakumdu, Panwaslu MoU bersama Kejari dan Polres Situbondo
?Panwas, Polres Situbondo dan Kejari Situbondo saat menandatangani Nota Kesepakatan Gakumdu.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kabupaten Situbondo resmi terbentuk setelah Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Situbondo melakukan penandatangan nota kesepakatan (MoU) bersama Kejaksaan Negeri dan Kepolisian Resort Situbondo, Rabu (10/8).

Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono mengatakan, Gakumdu merupakan pusat pengaduan dan penanganan pelanggaran pemilu yang didalamya ada Panwaslu, Polres dan Kejaksaan, yang bersinergi sesuai tahapan tahapan pemilukada yang dijalani di Republik Indonesia.

"Semakin hari kita harapkan efektivitas kinerja dari Gakumdu semakin bisa ditunjukkan dengan kedewasaannya, baik dari sisi kemampuan anggota, mekanisme kerja dan transparansinya," katanya.

Sigit mengungkapkan bahwa selama ini dihadapkan dengan kekosongan-kekosongan peraturan perundang-undangan atau hukum yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan Gakumdu. Namun saat ini sudah terfasilitasi sehingga dia meyakini kerja-kerja Gakumdu akan berjalan dengan baik.

Selain itu, pihaknya berharap ada pencegahan tindak pidana yang mungkin terjadi dalam pemilukada tersebut. Artinya, lanjutnya, kesiapan Gakumdu bukan mengharapkan adanya tindak pidana yang terjadi, akan tetapi semangat jiwanya menjadi efek pencegah terjadinya tindak pidana pemilu.

"Jika memang ada, maka kita sudah mampu berupaya penegakan hukum secara profesional dan kepastian hukum tentu saja, yang tidak merugikan dalam proses pemilukada," terang Sigit.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Situbondo Nur Slamet mengatakan, Sentra Gakumdu merupakan pusat terkait temuan delik pemilu. Untuk itu, Gakumdu dengan pengalamannya semakin berkualitas.

"Saya juga berpesan mari jalankan pekerjaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang mulia ini secara jujur dan adil, serta secara transparan. Walaupun nanti ada panwas, polisi dan kejaksaan," ujarnya.

Ia berharap agar dalam penegakan hukum dilakukan penelitian secara cermat, benar dan unsur perunsur serta alat bukti yang ada terkait temuan-temuan pelanggaran pemilu. Sehingga kedepannya, Sentra Gakumdu semakin lama bisa dipercaya dan diharapkan oleh masyarakat dalam hal memberikan kepastian hukum.

"Saya harap jangan mengada-ngada dan barang bukti harus jelas. Marilah kita laksanakan secara obyektif dan transparan," tegas Kajari.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan bahwa penegakan hukum pemilu butuh kepastian cepat dan diharap jangan ragu-ragu dalam mengambil tindakan. Namun koordinasi antar lintas tetap harus dilakukan agar penegakan hukum tidak berdampak pada masalah sosial setempat.

"Saya ingin penegakan hukum tidak terkesan menakutkan, tetapi bagaimana masyarakat memahami demokrasi pemilihan gubernur yang akan datang itu sesuatu yang menyenangkan dan rambu-rambunya telah dibuat secara konstitusi," pungkasnya.

Pantauan dilapangan, penandatangan nota kesepakatan bersama berlangsung di Ruang Baluran Pemkab Situbondo, dihadiri oleh Ketua Panwaslu Situbondo Murtapik S.Sos, Bupati Situbondo Dadang Wigarto, Kapolres AKBP Sigit Dany Setiyono, Kajari Nur Slamet, Sekdakab Syaifullah dan Dandim 0823 Ketkol INF Ashari. (mur/had/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...