​Tanamkan Cinta Literasi Warga Pamekasan, 'Kompak' Ngelapak

​Tanamkan Cinta Literasi Warga Pamekasan,

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Sekumpulan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pamekasan Membaca (Kompak) membuka lapak baca di area Arek Lancor atau Alun-alun Kabupaten Pamekasan. Hal itu bertujuan sebagai bentuk penanaman budaya literasi kepada komunitasnya dan masyarakat Pamekasan secara umum.

Ketua Kompak Hasanuddin mengatakan, upaya tersebut dilakukan mengingat minimnya budaya literasi di kabupaten berikon pendidikan ini. "Karena Kabupaten Pamekasan ini sudah memiliki ikon Kabupaten Pendidikan, sudah sepatutnya bahwa kita selaku pemuda dan masyarakat Pamekasan untuk berupaya lebih cinta literasi. Agar ikon yang disandang kabupaten kita ini sebatas ada tanpa bukti nyata," ujarnya.

Menurut Hasan sapaan akrabnya, dalam komunitas tersebut memiliki berbagai macam buku bacaan yang disuguhkan kepada masyarakat saat Car Free Day (CFD).

"Kami disini menyiapkan beberapa macam buku bacaan mulai dari buku anak-anak, untuk remaja juga keagamaan. Seperti, cara menghitung cepat bagi anak-anak, novel dengan varian judul, serta buku-buku lainnya," terangnya bersemangat.

Lebih lanjut Hasan menjelaskan, buku-buku tersebut didapat dari hasil sumbangan orang-orang di komunitasnya, juga dari berbagai donatur.

"Untuk buku-buku yang ada disini, kami mengumpulkan dari teman-teman komunitas sendiri. Juga dari beberapa donatur. Bahkan kami mendapatkan sumbangan perseorangan dari Jakarta berdonasi tiga kali total jumlah 100 buku," jelasnya.

Hasan mengaku juga sudah tergabung dalam grup Pustaka Bergerak Indonesia (PBI), dimana memiliki kelebihan pada siapapun yang mau mendonasikan buku kepada mereka.

"Untuk pengiriman buku-buku tersebut gratis lewat PT. Pos Indonesia. hanya dengan menuliskan hastag bergerak disetiap 10 kg buku yang mau dikirimkan. Jadi, tidak lagi dipungut biaya," tutur pemuda lajang ini.

Hasan berharap, selain kesadaran masyarakat untuk bisa lebih mencintai dunia literasi, pihaknya juga menerima donasi berupa buku-buku apa saja.

Untuk diketahui, Kompak setiap minggu membuka lapaknya di area Arek Lancor depan kantor PWI Pamekasan, selain itu juga membuka lapak baca di depan Kantor Radio Ada FM Pamekasan. (err/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO