TPID Merakurak Resmi Dibentuk

TPID Merakurak Resmi Dibentuk

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban akhirnya resmi dibentuk. Peresmian ini digelar di pendopo kecamatan setempat, Minggu (3/12).

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Merakurak, Muhammad Muhklis mengatakan bahwa tim tersebut dibentuk untuk mempercepat dan mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD).

"Pembentukan TPID sudah melalui Musyawarah Antar Desa (MAD) se-Kecamatan Merakurak. Dalam musyawarah tersebut terpilih 7 orang perwakilan dari desa-desa untuk menjadi tim tersebut," papar Mukhlis kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (3/12).

Pasca pembentukan TPID, Mukhlis berharap program desa ke depan lebih baik, terutama di sektor pemberdayaan ekonomi masyarakat di masing-masing desa. "Jika terlaksana, maka masyarakat desa semakin mandiri dan cita-cita desa membangun Indonesia dapat terwujud," pungkasnya.

Sementara Pendamping Desa Kecamatan Merakurak, Muhammad Mustain menyampaikan kehadiran TPID nantinya dapat memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi terkait pembangunan desa.

"Tidak hanya itu, target tim juga merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal," katanya.

"Tujuan dari dibentuknya TPID adalah mendorong efektivitas penggunaan atau investasi dana di desa. Sehingga, menuju peningkatan produktivitas desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana, dan partisipatif.

"Tuban perkiraan akan melakukan Bursa Desa sekitar tanggal 25 Desember nanti. Pada kegiatan itu desa-desa dapat melihat program-program desa yang dipamerkan dan desa dapat mencontoh program itu," tutupnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO