Jaga Kondusivitas Pilkada Serentak, Polda Jatim Gandeng AMSI dan Komunitas Hacker

Jaga Kondusivitas Pilkada Serentak, Polda Jatim Gandeng AMSI dan Komunitas Hacker

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menargetkan Pilkada serentak pada Juni 2018 berlangsung kondusif. Untuk menjamin keamanan di dunia maya dan menangkal berita Hoax, Polda Jatim menggandeng Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim, komunitas hacker, dan kalangan praktisi IT.

’’Kami siap bermitra dengan AMSI dalam rangka menyebarkan informasi positif di dunia maya dan membantu menjaga agar perkembangan isu politik tidak panas seperti di DKI Jakarta,’’ ujar Machfud Arifin dalam acara bertajuk Silaturahmi Kapolda Jatim yang digelar di Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Selasa (28/11).

AMSI, kata Kapolda, dipandang sebagai mitra potensial karena besarnya jaringan dan kredibilitasnya sebagai organisasi. Maka pihaknya, lanjut Kapolda, tidak memiliki alasan untuk tidak bermitra dengan AMSI secara aktif. Kegiatan ini, kata dia, juga merupakan langkah antisipatif agar situasi Kamtibmas di Jawa Timur tidak tertular isu hoax dan SARA seperti yang berlangsung di Ibu Kota.

’’Jatim itu berbeda dengan Jakarta, jadi tentu saya berharap isu Jakarta jangan sampai dibawa ke sini. Dengan bermitra maka kami yakin, hasilnya pasti positif ke depannya,’’ kata dia.

Tampak hadir pada acara tersebut, Ketua Arief Rahman, anggota bidang hukum dan advokasi AMSI Pusat Imam Syafi’i dan Koordinator AMSI Jabanusa Yatimul Ainun. Selain itu, sejumlah anggota AMSI dari berbagai daerah di Jatim juga tampak mengikuti acara tersebut.

Arief mengatakan, secara prinsip siap berkontribusi aktif dalam mendukung program Kapolda. Sebagai salah satu organisasi media siber yang memiliki sebaran anggota di hampir seluruh wilayah Indonesia, AMSI berkomitmen untuk ikut menjalin ketahanan informasi positif dan terlibat dalam menangkal isu SARA dan berita Hoax yang mengancam keamanan dunia maya.

’’Anggota AMSI di Jatim menyambut baik komitmen Kapolda dan kami berharap agar kerjasama ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan jangka panjang,’’ ujar Pimred Lensaindonesia.com itu.

Kapolda Jatim akan menurunkan tim Cyber Patrol untuk memantau pergerakan isu di dunia maya dan media sosial pada Pilkada serentak. Untuk meningkatkan keamanan siber, tim juga didukung oleh komunitas hacker se-Jawa Timur. Kapolda kelahiran Kota Surabaya ini mengatakan pihaknya akan turun full team dalam pengamanan pemilihan kepala daerah kabupaten dan kota maupun Pilgub Jatim yang digelar serentak di 18 daerah pada tahun 2018.

’’Pada tahapan pilkada kemungkinan ada pihak-pihak yang melakukan kampanye hitam. Seperti saat pendaftaran pasangan calon kepala daerah Pilgub Jatim, itu harus kita antisipasi,’’ ujar mantan Kadiv Telematika Mabes Polri tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO