Rabu, 05 Agustus 2020 15:28

Riset IPOL Indonesia: Emil Kandidat Terkuat Wakil Khofifah

Selasa, 07 November 2017 18:28 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
Riset IPOL Indonesia: Emil Kandidat Terkuat Wakil Khofifah
Hasil riset IPOL Indonesia? berdasarkan tren pemberitaan media. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Teka-teki siapa pendamping Khofifah Indar Parawansa perlahan mulai terkuak. Hasil riset IPOL Indonesia menjawab siapa pendamping Khofifah berdasarkan tren pemberitaan media berdasarkan index, sentimen, passion dan tone pemberitaan.

"Riset kami memantau pemberitaan di 352 media massa dan hasilnya menguat 2 nama pendamping Khofifah yakni Emil Dardak, dan Ipong Muchlissoni. Kata kunci yang kami gunakan adalah Pilgub Jatim 2018," ujar Petrus Hariyanto, CEO IPOL Indonesia, Selasa (7/11).

Posisi Emil menguat dengan probabilitas 38,9 %. Disusul Ipong Muchlissoni di peringkat kedua dengan point 37,6. Nama terakhir adalah Hasan Aminuddin dengan probabilitas. Tone pemberitaan positif tentang Emil Dardak terus menguat karena ditopang oleh para influencer melalui statement di media massa.

"Sentimen positif ini menjadi indikator bahwa Emil Dardak layak menjadi wakil Khofifah. Kendati demikian, ada tone negatif terkait Emil yang dilontarkan petinggi PDIP bahwa suami Arumi Bachsin itu hendaknya memegang janji untuk mengabdi di Trenggalek hingga habis masa jabatannya." imbuh Petrus.

Tren negatif itu, lanjut Petrus, cukup signifikan dan sentimen negatif yang dikeluarkan petinggi PDIP ini bisa saja dijadikan justifkasi oleh tim 9 yang diketuai Kiai Asep untuk mencoret nama Emil Dardak.

Khusus untuk Ipong, lanjut Petrus, probabilitasnya makin meningkat setelah bergabung dengan Nasdem yg merupakan partai pengusung Khofifah di Pilkada Jatim. Sinyalemen kuat tentang Ipong menjadi bayang-bayang untuk menggantikan posisi Emil.

Sentimen Analisis yg dilakukan IPOL melalui Teknopol ini menggunakan metode news analytic dengan pendekatan konten berdasakan parameter kecenderungan pemberitaan.

Pada perhelatan Pilkada Serentak 2018, IPOL Media Monitoring secara intensif melakukan pemetaan digital konten yang berserakan di dunia maya. Hasilnya, dirangkum dalam dashboard layanan digital. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...