Kamis, 24 Januari 2019 08:28

Semen Indonesia Hadir di Kampus Universitas Pattimura Ambon

Senin, 30 Oktober 2017 10:22 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Semen Indonesia Hadir di Kampus Universitas Pattimura Ambon
Direktur Enjiniring & Proyek Semen Indonesia, Tri Abdisatrijo (dua dari kanan) menandatangi MoU kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan SDM.

AMBON, BANGSAONLINE.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan 6 BUMN yakni PT Adhi Karya, PT Periknus, PT Perindo, PT Jakarta Loyd, PT Abipraya dan PT KBN hadir di Kampus Universitas Pattimura Ambon sebagai bagian dari program Kementerian BUMN yaitu "BUMN Hadir di Kampus", kemarin.

“BUMN Hadir di Kampus” digelar di Auditorium Unpatti Ambon ini dikemas dengan diskusi dan kuliah umum. Hadir dalam acara “BUMN Hadir di Kampus” Hambra Samal, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Tri Abdisatrijo, Direktur Enjiniring dan Proyek PT Semen Indonesia, serta Direktur Utama beberapa BUMN.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal, mengatakan bahwa kegiatan BUMN Hadir di Kampus ini diselenggarakan serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda.

Tujuan digelarnya kegiatan ini yakni untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional serta peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional.

"Civitas akademika menjadi tujuan kegiatan karena para mahasiswa merupakan bagian penting dari generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, bangsa yang adil, makmur serta sejahtera," katanya.

"Selain itu, kami ingin para mahasiswa lebih mengenal BUMN, memahami peran, serta visi dan misi BUMN, kemudian menjadi bagian dari program-program BUMN ke depan," sambungnya.

Banyak tantangan agar masyarakat Indonesia bisa maju dan berkembang serta menjadi 4 besar negara terkuat di dunia dari sisi ekonomi pada tahun 2040-2045.

Tantangan tersebut meliputi, inequality development, ketahanan energi & pangan, infrastruktur & industri dasar, akses layanan keuangan serta Sumber Daya Manusia.

“Untuk itu para generasi muda kita inilah nantinya yang akan mengatasi permasalahan tersebut dan memastikan bahwa negara kita mampu menjadi salah satu negara besar,” jelas Hambra.

Sementara Direktur Enjiniring dan Proyek Semen Indonesia Tri Abdisatrijo menyatakan, selain mengajar dan berdiskusi dengan dosen dan mahasiswa, pada kegiatan ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan Universitas Patimura menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dalam Kegiatan “BUMN Hadir di Kampus” ini, Semen Indonesia juga memberikan bantuan senilai Rp 150 juta, dan gabungan 6 BUMN memberikan bantuan senilai Rp 450 juta. Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan di Universitas Pattimura.

Selain itu, gabungan 7 BUMN ini juga memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 40 siswa beprestasi, bantuan laptop serta bantuan operasional kendaraan roda dua.

Ditambahkan Tri Abdi, dengan digelarnya kegiatan ini, Perusahaan BUMN dan perguruan tinggi senantiasa dapat melakukan kerjasama yang bersifat mutualisme.

Peran positif dari perusahaan kepada perguruan tinggi, diharapkan dapat memberi dampak yang positif juga dalam pengembangan keilmuan bagi mahasiswa. (hud/dur)

BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"
Kamis, 03 Januari 2019 13:53 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Tikus Pithi, kelompok massa yang menggelar demo di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi, Kamis (3/1) menuntut agar di Pilpres 2019 kali ini ada calon independen, alias nonparpol.Saifuddin, Korlap Tikus Pithi Ka...
Jumat, 28 Desember 2018 23:10 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Toronan Semalam yang berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura memiliki keindahan tersendiri yang bisa dinikmati para wisatawan. Kampung ini cukup unik lantaran bunga Sakura yang kerap...
Suparto Wijoyo
Rabu, 23 Januari 2019 10:48 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAMPAI saat ini masih banyak pihak yang meramaikan debat capres-cawapres 17 Januari 2019 sambil menanti hadirnya agenda serupa 17 Februari 2019. Debat itu seolah tidak lapuk oleh hujan nan tiada kering oleh panas, seterik ap...
Sabtu, 19 Januari 2019 12:37 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 20-22 20. kullan numiddu haaulaa-i wahaaulaa-i min ‘athaa-i rabbika wamaa kaana ‘athaau rabbika mahtsuuraanKepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (gol...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...