25 November, KPU Bojonegoro Buka Pendaftaran bagi Bacabup Independen

25 November, KPU Bojonegoro Buka Pendaftaran bagi Bacabup Independen

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bakal calon bupati (Bacabup) Bojonegoro, khususnya dari jalur independen nampaknya harus segera bersiap-siap menyiapkan segala persyaratan pendaftaran. Sebab, mulai tanggal 25 hingga 29 November mendatang KPU Bojonegoro sudah membuka pendaftaran.

Menurut divisi teknis atau pencalonan KPU Bojonegoro, Fatkurohman, bahwa mulai 9 November mendatang sudah akan dilakukan pengumuman pendaftaran bagi calon dari jalur perseorangan. Kemudian tanggal 25 dibuka pendaftaran dan ditutup 29 November.

"Yang terpenting besok itu kalau calon independen harus mengisi data di aplikasi bernama Silon atau Sistem Informasi Pencalonan (sebuah aplikasi resmi berbasis Android milik KPU,red)," papar Fatkurohman, Minggu (29/10).

Terang dia, di dalam aplikasi tersebut Bacabup harus memasukkan atau mengupload data Excel yang berisi dukungan berupa fotocopy KTP sebanyak 67.700 serta surat penyataan dukungan kepada calon.

"Tujuannya mengisi diaplikasi Silon adalah untuk mengantisipasi dukungan ganda kepada calon. Kalau pun nanti ada dukungan ganda maka akan muncul saat dilakukan verifikasi faktual," jelasnya.

Fatkurohman juga mengakui kalau pendaftaran untuk calon independen di Pilkada 2018 mendatang lebih rumit dibanding Pilkada tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu pihaknya siap menerima bimbingan teknis kepada Bacabup yang akan mendaftar.

"Kami siap memfasilitasi, bahkan sudah ada satu calon yang datang untuk meminta bimtek. Silakan bagi para calon lain yang ingin bimtek kita gratiskan," bebernya.

Sayangnya, Fatkhur enggan menyebutkan satu calon yang akan maju di Pilkada Bojonegoro 2018 via jalur independen itu.

Sementara itu, satu pasangan Bacabup-bacawabup yang dipastikan maju adalah Kuswiyanto yang berpasangan dengan Basuki. Keduanya maju dari jalur Parpol, namun baru satu parpol yang siap mengusung, yakni Partai Amanat Nasional. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO