Selasa, 10 Desember 2019 17:32

Aman Bojonegoro Ikut Awasi Praktik Money Politic

Minggu, 24 Juni 2018 19:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Aman Bojonegoro Ikut Awasi Praktik Money Politic
Ilustrasi

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah anggota Masyarakat Sipil Anti Money Politics (Aman) di Bojonegoro, Jawa Timur, mendeklarasikan untuk menolak segala bentuk politik uang menjelang coblosan pemilihan Bupati-Wakil bupati Bojonegoro 2018.

Deklarasi ini dilakukan lantaran waktu pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 tinggal beberapa hari. Sehingga, sangat rawan dan perlu diantisipasi bersama agar Pilkada Bojonegoro benar-benar berkualitas tanpa melanggar peraturan yang berlaku.

Koordinator Aman Bojonegoro, M. Alfianto menyatakan bahwa Pilkada saat ini beda dengan Pilkada sebelumnya. Menurut dia, Pilkada 2018 ini lebih ketat aturannya.

"Maka jadilah pemilih yang rasional dengan menjauhi semua larangan. Yang paling utama jauhilah money politik, hindarkan keluarga anda dari ancaman pidana," imbaunya kepada seluruh masyarakat Bojonegoro, Minggu sore (24/06/18).

Dia juga menegaskan, jika ada seseorang yang terbukti memberi dan menerima uang saat Pilkada, maka bakal terancam hukuman penjara maksimal 6 tahun dan denda maksimal 1 miliar. "Dalam undang-undangnya sudah jelas ada ancaman pidananya. Jadi kami ingatkan kembali kepada calon, tim sukses, maupun masyarakat agar menghindari politik uang," tegasnya.

Kamaludin, salah satu anggota Aman menambahkan jika dia sangat mendukung gerakan edukasi kepada publik untuk menolak politik uang menjelang Pilkada 27 Juni nanti.

"Kita harus menjadi pelopor demokrasi yang sehat, dan kita akan menyosialisakan ke seluruh lapisan masyarakat untuk menolak segala bentuk money politic serta berani melaporkan kepada pihak berwenang, apabila ada calon Kepala Daerah atau timses calon yang akan melakukan money politic," ujarnya.

Deklarasi Aman Bojonegoro ini dihadiri sejumlah kalangan, dari aktivis pemuda, aktivis perempuan, aktivis mahasiswa, aktivis social, serta masyarakat umum lainnya. (nur/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...