Sabtu, 21 April 2018 16:41

Masa Pendaftaran Parpol, KPU Sidoarjo Buka Ruang Konsultasi

Kamis, 12 Oktober 2017 17:25 WIB
Wartawan: Mustain
Masa Pendaftaran Parpol, KPU Sidoarjo Buka Ruang Konsultasi
DAFTAR: Pengurus PDIP Sidoarjo saat menyerahkan berkas keanggotaan parpol ke KPU Sidoarjo, Rabu (11/10) lalu. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo membuka diri bagi pengurus Parpol untuk berkonsultasi mengenai berkas keanggotaan Parpol sebelum berkas tersebut didaftarkan.

KPU Sidoarjo berharap upaya ini bisa membantu Parpol dalam menyiapkan berkas-berkas pendaftaran sebagai peserta Pemilu Tahun 2019.

"Kami selalu membuka diri. Kami sediakan ruang konsultasi untuk kesiapan berkas pendaftaran keanggotaan parpol," cetus Ketua KPU Sidoarjo, H Zainal Abidin kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (12/10).

Zainal menegaskan, para komisioner KPU dibantu tenaga sekretariat sudah siap lahir batin untuk melayani proses pendaftaran keanggotaan parpol. Dia mengakui berkas yang sudah diserahkan parpol ke KPU Sidoarjo, yakni Perindo dan PDIP, dikembalikan lagi karena masih ada kekurangan.

Secara umum, kekurangan itu yakni ketidaksesuaian data Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP, antara yang disetor, dengan data yang sudah tercantum di Sipol (Sistem Informasi Parpol). "Karena tidak sinkron ini, berkas kami kembalikan dan kami minta untuk diperbaiki," cetus Zainal Abidin.

Diketahui, baru dua parpol yang telah mendaftar hingga Rabu (11/10) kemarin sejak masa pendaftaran dibuka pada 3 Oktober 2017 lalu. Dua parpol ini, yakni Perindo dan PDIP. Padahal lima hari lagi masa pendaftaran bakal berakhir.

Sementara itu, saat menyerahkan berkas ke KPU Sidoarjo, Rabu (11/10) lalu, Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tito Pradopo mengatakan, telah mengumpulkan 1.546 KTA dalam verifikasi tersebut. Hal tersebut sebagai tanda PDIP memiliki kader yang banyak di Sidoarjo. “Batas minimal seribu tetapi kita berikan KTA yang lebih,” jelasnya.

Mantan anggota DPRD Sidoarjo ini mengaku optimistis PDIP Sidoarjo bakal lolos verifikasi untuk menjadi peserta Pemilu Tahun 2019 nanti. Dalam waktu yang ada pihaknya bersama dengan pengurus lain akan melengkapi syarat verifikasi yang dibutuhkan. (sta)

Kamis, 19 April 2018 18:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT perdana Kandidat Gubernur Jawa Timur telah dihelat 10 April 2018 lalu dan terus mengiangkan diksi dan intonasi kata “kemiskinan” selama saya mengikutinya dalam perjalanan. Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E...
Senin, 19 Maret 2018 19:42 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .      Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraa...
Sabtu, 21 April 2018 12:32 WIB
Assalamualaikum Ustad, saya ingin bertanya. Bapak saya punya saudara laki-laki dan dia punya cucu perempuan, apakah boleh saya menikahinya. Mohon di jawab. Waalaikumsalam.(Muhammad Tesan, Netizen)Jawab:Status hubungan keluarga di atas adalah sudah ...
Jumat, 20 April 2018 23:01 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Ngawi dikenal mempunyai Alas Srigati atau Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan dari kota. Menurut masyarakat Jawa, Alas Ketonggo merupakan salah satu wilayah angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.Ha...