Koarmatim Terima Sosialisasi Ketua PPAL Pusat tentang Buku Maritime Review

Koarmatim Terima Sosialisasi Ketua PPAL Pusat tentang Buku Maritime Review

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menerima kunjungan Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) Pusat yaitu Laksamana Madya (Laksdya) TNI (Purn) Djoko Sumaryono, Selasa (10/10/2017). Kunjungan yang bertempat di Gedung Laksamana Nala Koarmatim, Ujung Surabaya, ini dalam rangka Sosialisasi Buku tentang Maritime Review.

Acara ini dihadiri para sesepuh TNI AL dari PPAL wilayah Surabaya dan prajurit jajaran Koarmatim, Laksdya TNI (Purn) Djoko Sumaryono di gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim. Adapun buku yang disosialisasikan adalah Maritime Review yang berjudul, “Momentum menyelesaikan masalah mendasar di laut sebagai prasyarat terwujudnya Negara Maritim yang maju.”

Mengawali sambutannya, Pangarmatim menyampaikan, kebijakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia bukan satu hal yang dapat dicapai dengan mudah, melainkan menuntut peran aktif dari seluruh komponen bangsa termasuk peran TNI Angkatan Laut dan PPAL.

“Diharapkan peran TNI Angkatan Laut dan PPAL dapat mewujudkan karya nyata dalam mendukung pencapaiaan visi membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia,” ujarnya.

Laksda TNI Darwanto juga mengatakan salah satu peran PPAL dalam mendukung kebijakan poros maritim dunia, dapat berupa sumbangsih buah pikir yang diperoleh melalui kajian dan diskusi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan PPAL berupa pelaksanaan “Focus Group Discussion” yang membahas permasalahan mendasar di laut sebagai prasyarat terwujudnya negara maritim yang maju. Dari hasil Focus Group Discussion kemudian disusun dalam bentuk penerbitan buku ’’Maritime Review’’ ini.

Penerbitan buku ini ada dua makna penting sebagai bahan evaluasi terhadap peran PPAL dalam mewujutkan visi poros maritim dunia yang telah dilaksanakan pada kurun waktu satu tahun terakhir, dan sebagai bahan informasi sekaligus untuk menyamakan persepsi dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Di akhir amanatnya Pangarmatim menyampaikan, sangat apresiasi terhadap sumbangsih pemikiran warga PPAL bagi kemajuan pembangunan maritim Indonesia, karena dalam masa purna tugasnya para purnawirawan TNI Angkatan Laut masih memberi kontribusi intelektual bagi bangsa dan negara serta melahirkan ide – ide kreatif dan terobosan baru.

PPAL sendiri mempunyai moto "ADHI DHARMA PURNAWIRA" akan selalu menuntun dalam mencetak kemajuan bagi diri dan lingkungannya hingga tiada batas akhir walaupun di usia lebih dari seperempat abad.

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya, Kasarmatim Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H., para Komandan Lantamal Wilayah Timur, para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Lanal Wilayah Timur, dan seluruh Perwira Koarmatim, Lantamal V serta PPAL Wilayah Surabaya. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO